Perbedaan Role Salesman TO dan Canvasser
1. Salesman TO (Taking Order)
Saat Anda berperan sebagai salesman TO, maka Anda harus menyiapkan data berikut:
Pastikan data berikut telah terdaftar pada backoffice.
Buat akun salesman TO klik disini.
Download aplikasi SFA klik disini.
Salesman melakukan penjualan dengan cara berikut.
Jika terdapat pelanggan baru (NOO : New Open Outlet), silakan ikuti langkah disini.
Tambah pesanan jika ada seperti langkah disini.
Kirim pesanan, hasil kunjungan, gambar, dan pelanggan baru atau geo-tag alamat pelanggan dengan Sync Transaction seperti langkah disini.
Pastikan kembali pesanan yang telah terkirim pada menu Orders seperti langkah disini.
Check Dashboard mengenai rekapan penjualan harian dan bulanan seperti disini.
Admin memproses penjualan dengan cara berikut.
Jika pesanan dibuat oleh salesman silakan check data pesanan masuk seperti disini dengan status Draft seperti langkah disini.
Jika Admin ingin membuat pesanan langsung, silakan ikuti langkah disini.
Selanjutnya, verifikasi pesanan agar tidak dapat diubah kembali oleh salesman melalui SFA seperti langkah disini.
Jika sudah diproses pengiriman dan penagihan lakukan closed pada pesanan agar tidak dapat diubah kembali dari backoffice atau tanda pesanan telah selesai seperti langkah disini.
Check laporan penjualan.
Laporan pada menu Dashboard, klik disini.
Laporan pada menu Intelijen, klik disini.
2. Canvasser
Fitur Canvassing terdapat dua menu akses yang harus diketahui sebagai berikut.
Canvassing (Web-based)
Aplikasi Canvass (Mobile)
Saat Anda bertugas sebagai Canvasser, Anda harus menyiapkan data berikut:
Pastikan data berikut telah terdaftar pada backoffice.
Buat akun salesman Canvass klik disini.
Admin melakukan penentuan periode canvassing yang berjalan dengan cara berikut.
Aktivasi fitur canvassing dengan cara klik disini.
Pastikan gudang utama telah terdapat stok yang akan dibawa oleh kendaraan canvasser, dengan tambah stok gudang utama, klik disini.
Tambah nama kendaraan yang digunakan canvasser sebagai gudang canvasser, dengan cara klik disini.
Selanjutnya, admin dapat membuat canvassing, dengan cara klik disini.
Pahami canvassing yang telah terdaftar dengan cara klik disini.
Salesman Canvasser dapat melakukan proses penjualan sesuai yang telah dibuat oleh admin.
Download aplikasi SFA dengan cara klik disini.
Login ke aplikasi SFA dengan cara klik disini.
Buat pelanggan baru ada NOO (New Open Outlet) dengan cara klik disini.
Lakukan check-in terhadap pelanggan dengan cara klik disini.
Buat faktur penjualan dengan cara klik disini.
Print faktur penjualan dengan cara klik disini.
Buat pembayaran pelanggan jika langsung tunai dengan cara klik disini.
Lakukan check-out terhadap pelanggan jika sudah selesai dengan cara klik disini.
Kirim pesanan, hasil kunjungan, gambar, dan pelanggan baru atau geo-tag alamat pelanggan dengan Sync Transaction seperti langkah disini.
Check rangkuman hasil penjualan pada menu Dashboard dengan cara klik disini.
Admin dapat mengkonfirmasi hasil faktur dan pembayaran dari salesman canvasser dengan cara berikut.
Check daftar faktur penjualan dengan cara klik disini.
Check daftar pembayaran dengan cara klik disini.
Silakan konfirmasi pembayaran pada menu menu Canvassing dengan cara klik disini.
Jika Anda ingin menambah stok yang dibawa oleh canvasser silakan ikuti cara disini.
Jika canvass telah selesai, silakan selesaikan periode canvass dengan cara klik disini.
Supervisor dapat melihat hasil kunjungan canvasser dengan cara klik disini.
Supervisor dapat melihat gambar kunjungan canvasser dengan cara klik disini.
Silakan dicoba, Kawan Simpli! :)
Last updated