Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan

Untuk melakukan pembayaran Pelanggan.

Ada 4 Status Pada Faktur Penjualan:

  • Active: Faktur belum dilakukan pembayaran.

  • PartiallyPaid: Faktur sudah dilakukan pembayaran, namun belum lunas.

  • Paid: Faktur sudah dilakukan pembayaran full atau sudah lunas.

  • Cancelled: : Faktur dibatalkan.

Tindakan yang dapat dilakukan jika status Faktur Penjualan adalah:

  • Active: Lanjutkan Pembayaran.

  • PartiallyPaid: Melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).

  • Paid: Tidak ada.

  • Cancelled: Tidak ada.

Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan

Step 1: Masuk ke menu Penjualan > Faktur.

Faktur yang belum dibayar akan memiliki status Active dan pada kolom Belum Dibayar masih tertera nominal, apabila sudah dibayarkan maka pada kolom Belum Dibayar akan tertera angka 0.

Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran.

Step 3: Pada halaman Buat Pembayaran Pelanggan Baru, silakan isi Tanggal Pembayaran, Metode Pembayaran, dan Pegawai. Untuk Pelanggan akan otomatis terisi.

  • Pelanggan: Berisi nama pelanggan yang melakukan pembayaran.

  • Tanggal Pembayaran: Berisi tanggal dimana pembayaran dilakukan.

  • Metode Pembayaran: Berisi metode pembayaran.

  • Pegawai: Berisi nama pegawai yang menerima pembayaran.

Step 4: Setelah mengisi data Pembayaran Pelanggan Baru, maka pada tabel Faktur Belum Lunas akan muncul tagihan belum di bayar.

Keterangan Gambar:

  1. Tabel List Faktur Penjualan: Berisi Faktur Penjualan yang belum dibayar.

  2. Total Belum Bayar: Total tagihan yang belum dibayar dari beberapa faktur penjualan.

  3. Kolom Dibayar: Dapat diisi dengan nominal yang akan dibayarkan pada masing-masing No Faktur.

  4. Total Pembayaran: Dapat digunakan untuk membayar seluruh tagihan yang ada pada semua No Faktur tanpa harus mengisi satu persatu pada masing-masing No Faktur.

Step 5: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Pembayaran.

Step 6: Klik tombol Simpan atau Simpan & Konfirmasi.

  • Simpan: Untuk menyimpan pembayaran yang telah dilakukan.

  • Simpan & Konfirmasi: Untuk menyimpan dan sekaligus konfirmasi pembayaran.

Step 7: Akan kembali ke halaman detail Sales Invoice dan pada Sisa Bayar akan 0. Apabila sebelumnya membayar lunas maka akan 0, apabila tidak membayar lunas maka akan tertera sisa bayarnya.

Selamat mencoba, Kawan Simpli! :)

Last updated