Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan
Untuk melakukan pembayaran Pelanggan.
Ada 4 Status Pada Faktur Penjualan:
Active: Faktur belum dilakukan pembayaran.
PartiallyPaid: Faktur sudah dilakukan pembayaran, namun belum lunas.
Paid: Faktur sudah dilakukan pembayaran full atau sudah lunas.
Cancelled: : Faktur dibatalkan.
Tindakan yang dapat dilakukan jika status Faktur Penjualan adalah:
Active: Lanjutkan Pembayaran.
PartiallyPaid: Melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).
Paid: Tidak ada.
Cancelled: Tidak ada.
Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan
Step 1: Masuk ke menu Penjualan > Faktur.

Step 2: Untuk konfirmasi pembayaran bisa dengan 2 cara yaitu melalui icon pada kolom Action dan melalui detail Faktur Penjualan.
Step 2.1: Klik pada icondi kolom Action pada Faktur Penjualan yang akan dilakukan konfirmasi pembayaran. Yang dapat dilakukan konfirmasi pembayaran adalah Faktur dengan status Active dan PartiallyPaid.

Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran.

Step 3: Pada halaman Buat Pembayaran Pelanggan Baru, silakan isi Tanggal Pembayaran, Metode Pembayaran, dan Pegawai. Untuk Pelanggan akan otomatis terisi.

Step 4: Setelah mengisi data Pembayaran Pelanggan Baru, maka pada tabel Faktur Belum Lunas akan muncul tagihan belum di bayar.

Step 5: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Pembayaran.

Step 6: Klik tombol Simpan atau Simpan & Konfirmasi.

Step 7: Akan kembali ke halaman detail Sales Invoice dan pada Sisa Bayar akan 0. Apabila sebelumnya membayar lunas maka akan 0, apabila tidak membayar lunas maka akan tertera sisa bayarnya.

Selamat mencoba, Kawan Simpli! :)
Last updated
Was this helpful?