Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)

Untuk melakukan pembayaran atas pesanan pembelian (Purchase Order) berdasarkan Faktur Pembayaran atau Purchase Invoice (PI)

Pada Purchase Invoice terdapat 4 status, yaitu:

  1. Active: Belum ada pembayaran atau sudah ada pembayaran tetapi belum dikonfirmasi.

  2. PartiallyPaid: Sudah ada pembayaran parsial.

  3. Paid: Sudah pembayaran penuh.

  4. Cancelled: Dibatalkan.

Tindakan yang dapat dilakukan jika status Purchase Invoice adalah:

  • Active: Edit, batal, melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).

  • PartiallyPaid: Melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).

  • Paid: Tidak ada.

  • Cancelled: Tidak ada.

Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)

Step 1: Masuk pada Pembelian (Purchase) > Faktur Pembelian (Purchase Invoice).

Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran (Proceed Payment).

Step 3: Akan masuk ke halaman Buat Pembayaran Supplier Baru (Create New Supplier Payment).

Step 4: Pilih Supplier, Tanggal Pembayaran, Metode Pembayaran, dan Pegawai.

  • Supplier: Isi dengan nama Supplier.

  • Alamat: Akan terisi otomatis sesuai dengan alamat dari Supplier yang dipilih.

  • Tanggal Pembayaran: Diisi dengan tanggal pembayaran pesanan Anda.

  • Metode Pembayaran: Diiisi dengan metode pembayaran pesanan Anda.

  • Pegawai: Isi dengan nama pegawai yang menerima pembayaran.

Step 5: Setelah mengisi seluruh data Supplier, maka pada tabel Tagihan Yang Belum Dibayar akan muncul tagihan mana aja yang belum di bayar dari Supplier yang dipilih.

Keterangan Gambar:

  1. Tabel List Faktur Pembelian: Berisi Faktur Pembelian yang belum dibayarkan.

  2. Total Belum Bayar: Total tagihan yang belum dibayar dari beberapa faktur pembelian.

  3. Kolom Dibayar: Dapat diisi dengan nominal yang akan dibayarkan pada masing-masing No Faktur Pembayaran.

  4. Jumlah Yang Harus Dibayar: Dapat digunakan untuk membayar seluruh tagihan yang ada pada semua No Faktur Pembayaran tanpa harus mengisi satu persatu pada masing-masing No Faktur Pembayaran.

Step 6: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Yang Harus Dibayar dan kolom Dibayar pada No Faktur Pembelian.

Note:

  • Jumlah yang Harus Dibayar tidak boleh 0.

Step 7: Kemudian klik tombol Simpan atau Simpan & Konfirmasi.

  • Simpan: Pembayaran sudah tersimpan tapi belum di konfirmasi dan memerlukan konfirmasi. Status Pembayaran Supplier akan menjadi Active.

  • Simpan & Konfirmasi: Pembayaran sudah tersimpan dan sudah di konfirmasi. Status Pembayaran Supplier akan menjadi Completed.

Step 8: Data dinyatakan tersimpan apabila Anda diarahkan ke halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) Anda akan muncul pada halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) dengan status Active atau Completed.

Selamat mencoba, Kawan Simpli! :)

Last updated