Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
Untuk melakukan pembayaran atas pesanan pembelian (Purchase Order) berdasarkan Faktur Pembayaran atau Purchase Invoice (PI)
Pada Purchase Invoice terdapat 4 status, yaitu:
- Active: Belum ada pembayaran atau sudah ada pembayaran tetapi belum dikonfirmasi. 
- PartiallyPaid: Sudah ada pembayaran parsial. 
- Paid: Sudah pembayaran penuh. 
- Cancelled: Dibatalkan. 
Tindakan yang dapat dilakukan jika status Purchase Invoice adalah:
- Active: Edit, batal, melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar). 
- PartiallyPaid: Melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar). 
- Paid: Tidak ada. 
- Cancelled: Tidak ada. 
Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
Step 1: Masuk pada Pembelian (Purchase) > Faktur Pembelian (Purchase Invoice).

Step 2: Untuk melakukan Pembayaran Supplier dapat melalui 2 cara, yaitu melalui icon  pada kolom Action dan melalui detail Faktur Pembelian (Purchase Invoice).
 pada kolom Action dan melalui detail Faktur Pembelian (Purchase Invoice).
Step 2.1: Klik icon  pada Faktur Pembelian yang akan dilakukan pembayaran. Yang dapat dilakukan pembayaran adalah pesanan dengan status Active atau PartiallyPaid.
 pada Faktur Pembelian yang akan dilakukan pembayaran. Yang dapat dilakukan pembayaran adalah pesanan dengan status Active atau PartiallyPaid.

Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran (Proceed Payment).

Step 2.1: Klik Nomor Faktur yang akan dilakukan pembayaran. Yang dapat dilakukan pembayaran adalah pesanan dengan status Active atau PartiallyPaid.

Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran (Proceed Pembayaran).

Step 3: Akan masuk ke halaman Buat Pembayaran Supplier Baru (Create New Supplier Payment).

Step 4: Pilih Supplier, Tanggal Pembayaran, Metode Pembayaran, dan Pegawai.

- Supplier: Isi dengan nama Supplier. 
- Alamat: Akan terisi otomatis sesuai dengan alamat dari Supplier yang dipilih. 
- Tanggal Pembayaran: Diisi dengan tanggal pembayaran pesanan Anda. 
- Metode Pembayaran: Diiisi dengan metode pembayaran pesanan Anda. 
- Pegawai: Isi dengan nama pegawai yang menerima pembayaran. 
Step 5: Setelah mengisi seluruh data Supplier, maka pada tabel Tagihan Yang Belum Dibayar akan muncul tagihan mana aja yang belum di bayar dari Supplier yang dipilih.

Step 6: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Yang Harus Dibayar dan kolom Dibayar pada No Faktur Pembelian.

Step 6: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Yang Harus Dibayar sesuai dengan nominal pada Total Belum Bayar, kemudian pada kolom Dibayar akan otomatis terisi.

Step 7: Kemudian klik tombol Simpan atau Simpan & Konfirmasi.
Step 8: Data dinyatakan tersimpan apabila Anda diarahkan ke halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) Anda akan muncul pada halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) dengan status Active atau Completed.

Selamat mencoba, Kawan Simpli! :)
Last updated
Was this helpful?


