Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
Untuk melakukan pembayaran atas pesanan pembelian (Purchase Order) berdasarkan Faktur Pembayaran atau Purchase Invoice (PI)
Pada Purchase Invoice terdapat 4 status, yaitu:
Active: Belum ada pembayaran atau sudah ada pembayaran tetapi belum dikonfirmasi.
PartiallyPaid: Sudah ada pembayaran parsial.
Paid: Sudah pembayaran penuh.
Cancelled: Dibatalkan.
Tindakan yang dapat dilakukan jika status Purchase Invoice adalah:
Active: Edit, batal, melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).
PartiallyPaid: Melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).
Paid: Tidak ada.
Cancelled: Tidak ada.
Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
Step 1: Masuk pada Pembelian (Purchase) > Faktur Pembelian (Purchase Invoice).
Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran (Proceed Payment).
Step 3: Akan masuk ke halaman Buat Pembayaran Supplier Baru (Create New Supplier Payment).
Step 4: Pilih Supplier, Tanggal Pembayaran, Metode Pembayaran, dan Pegawai.
Supplier: Isi dengan nama Supplier.
Alamat: Akan terisi otomatis sesuai dengan alamat dari Supplier yang dipilih.
Tanggal Pembayaran: Diisi dengan tanggal pembayaran pesanan Anda.
Metode Pembayaran: Diiisi dengan metode pembayaran pesanan Anda.
Pegawai: Isi dengan nama pegawai yang menerima pembayaran.
Step 5: Setelah mengisi seluruh data Supplier, maka pada tabel Tagihan Yang Belum Dibayar akan muncul tagihan mana aja yang belum di bayar dari Supplier yang dipilih.
Keterangan Gambar:
Tabel List Faktur Pembelian: Berisi Faktur Pembelian yang belum dibayarkan.
Total Belum Bayar: Total tagihan yang belum dibayar dari beberapa faktur pembelian.
Kolom Dibayar: Dapat diisi dengan nominal yang akan dibayarkan pada masing-masing No Faktur Pembayaran.
Jumlah Yang Harus Dibayar: Dapat digunakan untuk membayar seluruh tagihan yang ada pada semua No Faktur Pembayaran tanpa harus mengisi satu persatu pada masing-masing No Faktur Pembayaran.
Step 6: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Yang Harus Dibayar dan kolom Dibayar pada No Faktur Pembelian.
Note:
Jumlah yang Harus Dibayar tidak boleh 0.
Step 7: Kemudian klik tombol Simpan atau Simpan & Konfirmasi.
Simpan: Pembayaran sudah tersimpan tapi belum di konfirmasi dan memerlukan konfirmasi. Status Pembayaran Supplier akan menjadi Active.
Simpan & Konfirmasi: Pembayaran sudah tersimpan dan sudah di konfirmasi. Status Pembayaran Supplier akan menjadi Completed.
Step 8: Data dinyatakan tersimpan apabila Anda diarahkan ke halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) Anda akan muncul pada halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) dengan status Active atau Completed.
Selamat mencoba, Kawan Simpli! :)
Last updated