Cara Memproses Penurunan Barang
Untuk memulai pengiriman dan penurunan barang, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
Last updated
Untuk memulai pengiriman dan penurunan barang, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
Last updated
Dalam proses pengiriman barang terdapat beberapa case yang sering terjadi di lapangan, seperti:
Penurunan Barang Keseluruhan
Penurunan Barang Sebagian atau Parsial
Penurunan Barang Tidak Sesuai Urutan Pengiriman
Penurunan Barang Dibatalkan
Toko Pelanggan Tutup
Penurunan barang keseluruhan artinya pelanggan yang telah memesan barang sebelumnya menerima barang sesuai dengan jumlah pesanan yang ada dan tidak ada melakukan retur sama sekali.
Berikut cara menurunkan barang keseluruhan.
Step 1. Buka menu Rute.
Step 2. Anda dapat melakukan pengiriman ke pelanggan pertama sesuai urutan dengan cara klik nama pelanggan.
Contoh : - Nama Toko : EAYANG - Alamat : Jl. Insinyur Haji Juanda, 102
Step 3. Klik Petunjuk Arah untuk melihat rute perjalanan via Google Maps.
Step 4. Jika sudah sampai di lokasi pelanggan, silakan kembali ke menu Rute pada aplikasi DFA, dan klik Turunkan Barang.
Step 5. Pilih Kirim Semua pada nama produk yang telah diturunkan karena tidak ada barang yang diretur atau dikembalikan.
NOTE:
Eayang : Nama Toko Pelanggan
C-50 : Kode Pelanggan
Ikon telepon : Untuk menelpon pelanggan secara langsung.
DO-230800204 : Nomor surat jalan.
P-07 : Kode produk (barang)
GoodSnack Rasa Madu : Nama produk (barang)
Pesanan : Jumlah kuantitas pesanan sesuai unit.
Terkirim : Jumlah kuantitas pesanan yang diterima pelanggan.
Tambah Alasan : Menu catatan alasan jika terdapat retur.
Kirim Semua : Tombol apabila seluruh pesanan diterima keseluruhan.
Step 6. Pilih Lanjut.
Step 7. Tambah Tanda Tangan pelanggan sebagai tanda terima dan pilih Simpan.
Step 8. Tambah Foto sebagai bukti penurunan barang.
Note : Anda dapat mengambil foto maksimal 5 foto. Foto diambil real-time sehingga tidak bisa diupload dari Galeri.
Step 9. Pilih Selesai.
Data barang yang telah Anda turunkan otomatis telah terkirim ke backoffice admin untuk dikonfirmasi lebih lanjut.
FYI:
Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.
Saat toko sudah diturunkan barang keseluruhan, bagian kanan menjadi status Terkirim.
Penurunan barang sebagian atau parsial artinya pelanggan yang telah memesan barang sebelumnya menerima barang tidak sesuai dengan jumlah pesanan yang ada sehingga ada yang dikembalikan atau diretur dengan catatan dapat diantar lagi atau dibatalkan dengan berbagai alasan seperti:
Barang tidak sesuai pesanan.
Barang rusak saat pengantaran.
Barang sudah kadaluarsa atau expired.
Ingin menukar barang.
Berikut cara menurunkan barang sebagian atau parsial.
Step 1. Buka menu Rute.
Step 2. Anda dapat melakukan pengiriman ke pelanggan pertama sesuai urutan dengan cara klik nama pelanggan.
Contoh : - Nama Toko : BERKAH NAMOTONGAN - Alamat : Jl. Durian, Perkebunan Nam
Step 3. Klik Petunjuk Arah untuk melihat rute perjalanan via Google Maps.
Step 4. Jika sudah sampai di lokasi pelanggan, silakan kembali ke menu Rute pada aplikasi DFA, dan klik Turunkan Barang.
Step 5. Pilih Barang pada nama produk yang telah diturunkan dan isi sesuai jumlah yang hanya diterima.
Contoh : Produk KHAYANGAN K.16 / 9700 (23) dipesan sebanyak 4 Slop namun saat pengiriman barang, terdapat 1 Slop rusak saat tiba. Sehingga pelanggan hanya menerima 3 Slop. 1 Slop akan diretur atau dikembalikan ke distributor.
NOTE :
Kode Produk: RKKKHA16-23
Nama Produk: KHAYANGAN K.16 / 9700 (23)
Pesanan : pesanan awal 4 SLP
Terkirim : pesanan diterima pelanggan 3 SLP.
Tambah Alasan : Barang rusak saat tiba untuk 1 SLP yang tidak diterima.
Step 6. Pilih Terkirim.
Step 7. Pilih Lanjut.
Step 8. Tambah Tanda Tangan pelanggan sebagai tanda terima dan pilih Simpan.
Step 9. Tambah Foto sebagai bukti penurunan barang.
Note : Anda dapat mengambil foto maksimal 5 foto. Foto diambil real-time sehingga tidak bisa diupload dari Galeri.
Step 10. Pilih Selesai.
Data barang yang telah Anda turunkan otomatis telah terkirim ke backoffice admin untuk dikonfirmasi lebih lanjut.
FYI:
Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.
Saat toko sudah diturunkan barang sebagian, bagian kanan tetap sama dengan tampilan jam estimasi tiba karena tidak semua barang terkirim.
Penurunan barang tidak sesuai urutan pengiriman artinya pelanggan yang telah diurutkan rute pengirimannya tidak diantar sesuai urutan namun tetap dilakukan pengiriman di hari yang sama. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa kondisi lapangan seperti:
Akses jalan ditutup sehingga pengantaran tertunda dan harus pergi ke tujuan pengiriman selanjutnya.
Toko pelanggan belum buka.
Supir menemukan jalan lebih cepat untuk menuju ke lokasi seluruh pengiriman sehingga terjadi perbedaan urutan pengiriman.
Terdapat kendala pada kendaraan atau armada sehingga harus melewati toko pelanggan yang seharusnya dikunjungi.
Langkah yang harus dilakukan oleh Supir adalah dengan tidak melakukan penurunan barang sama sekali pada toko pelanggan yang dilewati namun jika sudah dapat menuju ke pelanggan tersebut, supir tetap melakukan penurunan barang di hari yang sama.
Contoh:
Toko Kedai Karunia terdapat pada urutan ke 3 dengan ETA (Estimation Time Arrival) atau estimasi tiba pada pukul 15:07. Namun, karena toko masih belum buka, supir dapat menuju ke urutan berikutnya tanpa harus melakukan apapun pada Toko Karunia.
Dan supir dapat kembali lagi menuju ke toko Kedai Karunia untuk menurunkan barang, saat toko tersebut sudah buka misalnya pada pukul 16.00 WIB.
FYI:
Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.
Saat sudah lompat atau skip ke toko berikutnya, bagian kanan tetap sama dengan tampilan jam estimasi tiba karena belum terkirim.
Penurunan barang dibatalkan artinya pelanggan yang telah memesan sebelumnya namun melakukan pembatalan di saat pengiriman. Sehingga, tidak ada pengiriman kembali untuk surat jalan pesanan pelanggan tersebut di hari berikutnya. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa kondisi lapangan seperti:
Pelanggan membatalkan dengan alasan barang rusak saat tiba.
Pelanggan membatalkan dengan alasan barang tidak sesuai sehingga tidak akan dikirim kembali.
Pelanggan membatalkan dengan alasan barang terlalu lama tiba sehingga tidak jadi pesan, dan lain-lain.
Langkah yang harus dilakukan oleh Supir adalah sebagai berikut.
Step 1. Dengan kondisi sudah sampai atau sedang dalam perjalanan pengiriman, klik Turunkan Barang.
Contoh : Toko WINA
Step 2. Kemudian klik titik tiga dan pilih Batalkan surat jalan di sebelah nomor surat jalan atau DO.
Contoh : DO-230800205
Step 3. Pilih atau Isi Alasan dibatalkan.
Step 4. Kemudian pilih Perbarui.
Step 5. Pengiriman yang dibatalkan akan muncul tanda Batal pada bagian bawah nomor DO dan sudah tidak dapat dikembalikan seperti semula.
Step 6. Pilih Lanjut.
Step 7. Tambah Tanda Tangan dan Foto (jika ada) sebagai bukti pembatalan.
Step 8. Pilih Selesai.
FYI:
Status pada nama pelanggan di daftar pengiriman akan berubah menjadi Dibatalkan.
Jika toko pelanggan tutup, dan supir mendapat informasi bahwa pengiriman tetap dilakukan di hari berikutnya, maka supir dapat memberikan informasi tersebut ke admin.
Langkah yang harus dilakukan oleh Supir adalah sebagai berikut.
Step 1. Dengan kondisi sudah sampai pada lokasi toko pelanggan, klik Turunkan Barang.
Contoh : Kedai Karunia
Step 2. Kemudian klik titik tiga dan pilih Tambah alasan surat jalan di sebelah nomor surat jalan atau DO.
Contoh : DO-230800197
Step 3. Pilih atau Isi Alasan Pengiriman.
Contoh : Toko Tutup
Step 4. Kemudian pilih Perbarui.
Step 5. Pilih Lanjut.
Step 6. Tambah Foto sebagai bukti tutup.
Step 7. Pilih Selesai.
FYI:
Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.
Saat toko sudah diturunkan barang sebagian, bagian kanan tetap sama dengan tampilan jam estimasi tiba karena tidak semua barang terkirim.