Knowledge Base SAP
  • Getting Started
  • Sales Automation Platform
    • SAP (Sales Automation Platform)
      • 💻Sales Management Hub (Backoffice)
        • Umum
          • Sinkronisasi Integrasi
            • Sinkron Data
            • Sinkron Transaksi
          • Langganan
            • Cara Berlangganan SAP
            • Cara Melihat Invoice Berlangganan
            • Cara Melihat Laporan Pembayaran Berlangganan
            • Subscription SAP
            • Cara Tambah Akun User & Perpanjang Durasi Berlangganan (Renewal)
        • Dashboard SMH
        • Akun
          • Cara Mendaftar Akun Sales Automation Platform
          • Cara Masuk ke Sales Management Hub
          • Cara Keluar dari Sales Management Hub
          • Cara Mengubah Demo Data ke Live Data
        • Pengaturan Dasar
          • Cara Mengubah Bahasa
          • Cara Ekspor Data
          • Memahami Pengaturan Dasar (Default Settings)
        • Integrasi
          • Accurate Online
            • Mengenal Integrasi Accurate Online
            • Cara Integrasi
            • Cara Integrasi (Multiple Cabang)
            • Cara Re-Integrasi
            • Cara Sinkronisasi Master Data
            • Cara Sinkronisasi Pesanan
            • Pertanyaan Seputar Sinkronisasi
              • Mengapa Jumlah Stok pada SAP x Accurate Online Berbeda?
              • Mengapa Jumlah Pelanggan pada SAP x Accurate Online Berbeda?
          • Jurnal.id
            • Mengenal Integrasi Jurnal.id
            • Cara Integrasi dengan Jurnal.id
            • Informasi Integrasi Status Order
          • Cara Buat Template
        • Data Master
          • 📘 Import Data Pertama Kali untuk Pengguna Baru
          • Produk
            • Brand
              • Cara Menambahkan Brand
              • Cara Mengubah Brand
              • Cara Menghapus Brand
            • Cara Menambah Unit Produk
            • Cara Menambah Divisi
            • Daftar Harga
              • Cara Menambah Daftar Harga Secara Manual
              • Cara Menambah Daftar Harga Melalui Import
            • Master Produk
              • Cara Ubah Nama Pajak pada Master Data Produk melalui Impor Update Data
              • Cara Menambah Produk Secara Manual
              • Cara Menambah Data Produk Melalui Impor (Impor Data Baru)
              • Cara Mengubah Data Produk
              • Cara Menghapus Data Produk
              • Cara Ekspor Data Produk ke Excel/CSV
              • Cara Mengubah Data Produk Melalui Import Update Data
          • Pelanggan
            • Master Pelanggan
              • Cara Memverifikasi Status Pelanggan
              • Cara Import Update Data Pelanggan
              • Cara Menambahkan Data Pelanggan - Manual
              • Cara Menambah Data Pelanggan Melalui Import
              • Cara Mengunduh atau Download Data Pelanggan Melalui Export Data
            • Grup Pelanggan
              • Cara Impor Grup Pelanggan
              • Cara Menambahkan Customer Group (Grup Pelanggan)
              • Cara Mengubah Customer Group (Grup Pelanggan)
              • Cara Menghapus Customer Group (Grup Pelanggan)
            • Stok Pelanggan
              • Memahami Detail Stok Pelanggan
              • Cara Mencatat Stok Pelanggan
          • Supplier
            • Cara Menambah Data Supplier
            • Cara Mengubah Data Supplier
            • Cara Menghapus Data Supplier
          • Pegawai
            • Cara Menghapus Akun Pegawai
            • Cara Import Update Data Pegawai
            • Cara Menambah Data Pegawai
              • Cara Menambah Data Pegawai Secara Manual
              • Cara Menambah Data Pegawai Melalui Import
            • Cara Mengubah Data Pegawai
            • Cara Menambah Akun Pegawai
            • Cara Mengubah Password Akun Pegawai
            • Daftar Posisi
            • Cara Menambah Posisi Pegawai
            • Cara Mengubah Posisi (Tanpa Hirarki)
            • Cara Menghapus Posisi (Tanpa Hirarki)
            • Cara Mengubah Posisi (Dengan Hirarki)
              • Cara Mengubah Posisi (Dengan Hirarki) - Menambahkan Anggota Pada Pegawai yang Bersangkutan
              • Cara Mengubah Posisi (Dengan Hirarki) - Menambah Pegawai Untuk Posisi Yang Dibuat
            • Cara Menghapus Posisi (Dengan Hirarki)
              • Cara Menghapus Posisi (Dengan Hirarki) - Menghapus Anggota Dari Pegawai Yang Bersangkutan
              • Cara Menghapus Posisi (Dengan Hirarki) - Menghapus Pegawai Dan Anggotanya
            • Cara Menentukan Role Group Untuk SFA
            • Cara Menambahkan Role Group Supervisor
            • Cara Menambah Rule Aplikasi Route Optimization (Driver)
          • Keuangan
            • Cara Mengubah Data Pajak (Tax)
            • Cara Menambah Data Pajak (Tax)
            • Cara Menambah Metode Pembayaran
            • Cara Mengubah Metode Pembayaran
            • Cara Menghapus Metode Pembayaran
            • Cara Menambah Jangka Waktu Pembayaran
            • Cara Mengubah Jangka Waktu Pembayaran
            • Cara Menghapus Jangka Waktu Pembayaran
          • Skema Promo
            • 🆓Promo Buy X Get Y (BXGY)
            • 💸Diskon Kuantitas Bertingkat (Strata)
            • 💸Diskon Nominal Bertingkat (Strata)
            • 💰Diskon Nominal
            • 💲Diskon Persentase
        • Pembelian
          • Pesanan Pembelian (Purchase Order)
            • Cara Menambah Pesanan Pembelian (Purchase Order)
            • Cara Mengubah Data Pesanan Pembelian (Purchase Order)
            • Cara Membatalkan Pesanan Pembelian (Purchase Order)
          • Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
            • Cara Menambah Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
            • Cara Membatalkan Data Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
            • Cara Menghapus Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
          • Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
            • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice) Berdasarkan Pesanan Pembelian (Purchase Order)
            • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice) Berdasarkan Purchase Delivery
            • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice) Terpisah Dari Purchase Delivery
            • Cara Mengubah Data Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
            • Cara Membatalkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
          • Pembayaran Pembelian (Purchase Payment)
            • Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier
            • Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
            • Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran Supplier (Supplier Payment)
            • Cara Membatalkan Pembayaran Terhadap Supplier (Supplier Payment)
        • Penjualan
          • Pesanan Penjualan
            • Cara Menutup (Close) Sales Order
            • Cara Membuat Faktur dari Sales Order
            • Cara Mencetak Dokumen Pesanan Penjualan
            • Cara Mengubah Pesanan
            • Cara Membuat Pesanan Penjualan
            • Cara Melakukan Verifikasi Pesanan
            • Cara Melakukan Verifikasi Pesanan (Masal)
            • Cara Hapus Pesanan
            • Custom Prefix pada Sales Order
            • Melihat Data Pesanan
            • Cara Membuat Pesanan Dengan Diskon
            • Cara Mengunduh Data Pesanan Penjualan (Sales Order) - Export Data
          • Faktur
            • Cara Mencetak Dokumen Faktur Penjualan
            • Cara Membatalkan Sales Invoice
            • Cara Membuat Sales Invoice tanpa Sales Order
            • Cara Membuat Sales Invoice berdasarkan Sales Order
            • Cara Melihat Faktur Penjualan
            • Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan
            • Cara Export Faktur Penjualan
          • Pembayaran Pelanggan
            • Cara Membatalkan Pembayaran Pelanggan
            • Cara Melihat Daftar Pembayaran
            • Cara Konfirmasi Pembayaran
          • Canvassing
            • Cara Mengaktifkan Fitur Canvassing
            • Cara Menambah Canvasing
            • Cara Kunci Stok
            • Cara Menjalankan Canvassing (Mulai Kanvas)
            • Cara Menambah Stok Pada Canvassing Yang Sedang Berjalan
            • Cara Memahami Daftar Canvassing
            • Cara Menambahkan Stok Pada Canvassing Dari Gudang Lain
            • Cara Melihat Daftar Kunjungan Canvassing
            • Cara Melihat Gambar Kunjungan Canvassing
            • Cara Menyelesaikan Periode Canvassing Yang Berjalan
            • Cara Konfirmasi Pembayaran Pada Menu Canvassing
            • Cara Menambah Stok ke Canvassing Status Draft
            • Cara Akhiri Canvas
          • E-Faktur
            • Persiapan Membuat E-Faktur
            • Cara Membuat E-Faktur - [E-Nofa]
            • Cara Membuat E-Faktur - [Coretax]
            • Cara Unduh E-Faktur format CSV - [E-Nofa]
            • Cara Unduh E-Faktur format XML/Excel - [Coretax]
            • Cara Membatalkan E-Faktur
          • Retur
            • Order
              • Cara Membuat Sales Order Return (OR) tanpa Referensi SO
              • Cara Membuat Sales Order Return (OR) dengan Referensi SO
              • Cara Memverifikasi Sales Order Return
              • Cara Membuat Surat Jalan Retur atau Delivery Return (DR)
              • Cara Membuat Faktur Retur atau Invoice Return (IR)
            • Invoice
            • Credit Notes
              • Nota Kredit untuk Pembayaran Faktur yang Belum Lunas
        • Stok
          • Stok
            • Cara Melihat Daftar Stok
            • Cara Mengunduh Daftar Stok melalui Ekspor
          • Transfer Stok
            • Cara Transfer Semua Stok
            • Cara Transfer Stok Manual
          • Penyesuaian Stok
            • Cara Mengeluarkan Stok melalui Impor
            • Cara Menambahkan Stok melalui Impor
            • Cara Menambahkan Stok (Stok Masuk)
            • Cara Mengeluarkan Stok (Stok Keluar)
          • Pergerakan Stok
            • Cara Mengunduh Pergerakan Stok
            • Cara Memahami Pergerakan Stok
          • Gudang
            • Cara Mengubah Data Gudang
            • Cara Menambahkan Gudang (Manual)
            • Cara Menambahkan Armada Canvass pada Gudang
            • Cara Menambahkan Gudang (Import)
            • Cara Mengubah Data Gudang
            • Cara Menghapus Data Gudang
            • Cara Ekspor Gudang
        • Pengiriman
          • Surat Jalan
            • Cara Membatalkan Surat Jalan (Delivery Order)
            • Cara Mencetak Dokumen Surat Jalan
            • Cara Menambahkan Surat Jalan
            • Cara Import Surat Jalan
            • Cara Menghapus Surat Jalan
            • Export Delivery Order (DO) Tanpa Model Template (Normal)
            • Export Delivery Order (DO) Dengan Model Template (Custom)
            • Cara Memahami Surat Jalan atau Delivery Order (DO)
          • Rekap Surat Jalan
            • Cara Mencetak Dokumen Rekap Pengantaran
            • Cara Mencetak Dokumen Rekap Surat Jalan
            • Cara Mengubah Rekap Surat Jalan (Delivery Summary - Manual)
            • Cara Membuat Rekap Surat Jalan (Delivery Summary) dengan Optimasi
            • Cara Membuat Rekap Surat Jalan (Delivery Summary) Secara Manual
            • Cara Tambah Rekap Surat Jalan (Rute Optimasi)
            • Cara Membatalkan Rekap Surat Jalan
            • Cara Konfirmasi Rekap Surat Jalan (Diterima Semua)
            • Cara Konfirmasi Rekap Surat Jalan (Dikirim Sebagian)
            • Export Delivery Summary (DS) Tanpa Model Template (Normal)
            • Export Delivery Summary (DS) Dengan Model Template (Custom)
          • Armada
            • Cara Menambahkan Armada
            • Cara Mengubah Armada
            • Cara Menghapus Armada
          • Armada Pelanggan
            • Cara Menambahkan Armada Pelanggan
            • Cara Mengubah Armada Pelanggan
            • Cara Menghapus Armada Pelanggan
        • Kunjungan
          • Informasi Kunjungan
            • Cara Melihat Daftar Kunjungan
            • Memahami Detail Informasi Kunjungan Salesman
            • Cara Mengunduh Data Kunjungan - Export Data
          • Geografis Kunjungan
            • Cara Melihat Posisi Salesman Secara Realtime
          • Manajemen Rute
            • Cara Membuat Rute Kunjungan Secara Manual
            • Cara Menambah Rute Manajemen Melalui Import
            • Cara Membuat Rute Kunjungan Melalui Import
            • Cara Mengubah Perancang Rute (Rute Harian)
            • Cara Mengubah Daftar Rute Mingguan
            • Cara Mengubah Employee Route Plan (Rencana Rute Salesman)
            • Cara Menghapus Perancangan Rute (Rute Harian)
            • Cara Menghapus Daftar Rute Mingguan
            • Cara Menghapus Employee Route Plan (Rencana Rute Salesman)
            • Cara Menghapus Semua Rute Harian dan Mingguan (Reset Rute)
        • Intelijen
          • Delivery Report
            • Cara Melihat Laporan Pengiriman (Delivery Report)
          • Order Report
            • Cara Melihat Laporan Pemesanan (Order Report)
          • Products Report
            • Cara Melihat Laporan Produk (Product Report)
            • Cara Export Laporan Produk (Product Report)
          • Sales Report
            • Cara Melihat Laporan Penjualan (Sales Report)
            • Cara Export Laporan Penjualan (Sales Report)
          • Invoice Report
            • Cara Melihat Laporan Faktur (Invoice Report)
          • Visit Report
            • Cara Melihat Laporan Kunjungan (Visit Report)
          • Cara Export Excel Data Intelligence
      • Supervision (Mobile)
        • Umum
          • Cara Install SimpliDOTS Supervision
          • Cara Masuk (Login) ke SimpliDOTS Supervision
          • Cara Keluar (Logout) dari SimpliDOTS Supervision
        • Profile
          • Cara Melihat Profile Pengguna
          • Cara Memberikan Feedback Untuk SimpliDOTS Supervision
        • Home
          • Daily Visit
          • Customer
          • My Teammates
            • Cara Melihat Laporan Kinerja Tim
        • Dashboard
          • Memahami Menu Dashboard - Revamp
          • Cara Melihat Penjualan Harian
          • Cara Melihat Penjualan Mingguan
          • Cara Melihat Penjualan Bulanan
      • SimpliDOTS Tracking Agent
        • Cara Instal SimpliDOTS Tracking Agent
        • Cara Setting SimpliDOTS Tracking Agent
  • Canvassing
    • Canvassing
      • Canvassing (Web-based)
        • Canvassing
          • Cara Mengaktifkan Fitur Canvassing
          • Cara Menambah Canvasing
          • Cara Kunci Stok
          • Cara Menjalankan Canvassing (Mulai Kanvas)
          • Cara Menambah Stok Pada Canvassing Yang Sedang Berjalan
          • Cara Memahami Daftar Canvassing
          • Cara Menambahkan Stok Pada Canvassing Dari Gudang Lain
          • Cara Melihat Daftar Kunjungan Canvassing
          • Cara Melihat Gambar Kunjungan Canvassing
          • Cara Menyelesaikan Periode Canvassing Yang Berjalan
          • Cara Konfirmasi Pembayaran Pada Menu Canvassing
          • Cara Menambah Stok ke Canvassing Status Draft
          • Cara Akhiri Canvas
        • Faktur
          • Cara Melihat Faktur Penjualan
          • Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan
          • Cara Export Faktur Penjualan
        • Pembayaran Pelanggan
          • Cara Melihat Daftar Pembayaran
          • Cara Konfirmasi Pembayaran
      • SFA Canvass (Mobile-based)
        • Cara Mendaftarkan Akun SFA Canvass
        • Cara Install Aplikasi SFA Canvass
        • Cara Memahami Aplikasi SFA Canvass
          • Cara Login ke Aplikasi SFA Canvass
          • Cara Logout dari Aplikasi SFA Canvass
          • Cara Membuat Pelanggan Baru
          • Cara Check-In di Lokasi Customer
          • Cara Check-Out di Lokasi Customer
          • Cara Kunjungan ke Customer
          • Cara Mengirim Transaksi dan Gambar Kunjungan
          • Cara Membuat Faktur Penjualan
          • Cara Print Faktur Penjualan
          • Cara Melakukan Pembayaran
          • Cara Memahami Menu Beranda
          • Cara Memahami Menu Dashboard
          • Cara Memahami Menu Profil
            • Cara Hapus Transaksi
            • Cara Hapus Semua Data
  • Route Optimization
    • RO (Route Optimization)
      • Constraint Route Optimization
      • Pengiriman
        • Surat Jalan
          • Cara Menambahkan Surat Jalan
          • Cara Import Surat Jalan
          • Cara Menghapus Surat Jalan
          • Export Delivery Order (DO) Tanpa Model Template (Normal)
          • Export Delivery Order (DO) Dengan Model Template (Custom)
          • Cara Memahami Surat Jalan atau Delivery Order (DO)
        • Rekap Surat Jalan
          • Cara Memahami Rekap Surat Jalan (Delivery Summary)
          • Cara Tambah Rekap Surat Jalan (Rute Manual)
          • Cara Tambah Rekap Surat Jalan (Rute Optimasi)
          • Cara Membatalkan Rekap Surat Jalan
          • Cara Konfirmasi Rekap Surat Jalan (Diterima Semua)
          • Cara Konfirmasi Rekap Surat Jalan (Dikirim Sebagian)
          • Export Delivery Summary (DS) Tanpa Model Template (Normal)
          • Export Delivery Summary (DS) Dengan Model Template (Custom)
        • Armada
          • Cara Menambahkan Armada
          • Cara Mengubah Armada
          • Cara Menghapus Armada
        • Armada Pelanggan
          • Cara Menambahkan Armada Pelanggan
          • Cara Mengubah Armada Pelanggan
          • Cara Menghapus Armada Pelanggan
      • DFA (Delivery Force Automation)
        • Cara Install Aplikasi Delivery Force Auto (DFA)
        • Cara Login Aplikasi DFA
        • Cara Logout Aplikasi DFA
        • Memahami Menu Rekap Pengiriman
        • Cara Melakukan Pengiriman
          • Cara Memulai Pengiriman
          • Cara Memproses Penurunan Barang
          • Cara Mencatat Pengeluaran (Expense)
          • Cara Mengakhiri Pengiriman
  • SFA
    • SFA (Sales Force Automation)
      • Perbedaan Role Salesman TO dan Canvasser
      • Cara Menginstall SFA
      • Cara Login SFA
      • PROFIL
        • Pengaturan
          • Memahami Ukuran Kertas Printer
          • Memahami Pengaturan Kamera
          • Cara Mengubah Bahasa
          • Cara Mengubah Mode Sinkron
          • Memahami Informasi Perangkat
          • Memahami Default Setting
        • Cara Mengubah Bahasa
        • Cara Hapus Semua Data
        • Cara Hapus Transaksi
        • Cara Logout SFA
      • BERANDA
        • Produk
          • Melihat Daftar Produk
        • Promo
          • Melihat Daftar Promo
        • Pembayaran Pelanggan
          • Cara Membuat Pembayaran Pelanggan
          • Melihat Daftar Pembayaran Pelanggan
        • Pesanan Penjualan
          • Cara "Share as PDF" & "Download" Dokumen SO (Sales Order)
          • Cara Membuat Pesanan Penjualan
          • Cara Ubah Pesanan Penjualan (SO)
          • Memahami Pesanan Penjualan
        • Faktur Penjualan
          • Memahami Faktur Penjualan
          • Cara Membuat Faktur Penjualan
        • Retur Pesanan
          • Memahami Retur Pesanan
          • Cara Membuat Retur Pesanan
        • Sinkronisasi Data
          • Cara Sinkron Transaksi dan Master Data
          • Cara Sinkron Foto
          • Cara Sinkron Transaksi dan Master Data & Sinkron Foto Bersamaan
        • Pelanggan
          • Cara Melihat Riwayat Pesanan dan Faktur Penjualan
          • Cara Mengubah Data Pelanggan
          • Cara Melihat Riwayat Kunjungan
          • Cara Mencatat Stok Pelanggan
          • Cara Menambah Pelanggan Baru
          • Cara Mengubah Alamat Pelanggan (Re-Geotagging)
          • Cara Mengubah Foto Profil Pelanggan
          • Cara Kunjungan (Check in) di Lokasi Pelanggan
          • Cara Kunjungan (Check out) dari Lokasi Pelanggan
          • Cara Membuat Pesanan Penjualan (Sales Order - SO) saat Kunjungan
          • Cara Membuat Faktur Penjualan (Sales Invoice - SI) saat Kunjungan
        • Geo Tag
          • Cara Geo Tag/Ubah Alamat Pelanggan
      • DASBOR
        • Memahami Dasbor
  • Smart Portal
  • Smart Portal
    • Smart Portal - Principal
      • Cara Login ke Smart Portal - Principal
      • Cara Logout dari Smart Portal - Principal
      • Cara Membuat Koneksi (Connection) Smart Portal - Principal
      • Cara Sinkronisasi Smart Portal - Principal
      • Cara Memutuskan Koneksi (Disconnect) Smart Portal - Principal
      • Memahami Report Smart Portal - Principal
        • 📊 Sales Order Report
    • Smart Portal - Distributor
      • Cara Login ke Smart Portal - Distributor
      • Cara Logout dari Smart Portal - Distributor
      • Cara Integrasi dengan DMS, SAP, atau External
      • Cara Koneksi dengan Principal
      • Cara Impor File ke Smart Portal
      • Cara Membuat Model Template
      • Delivery Report
  • For Your Information
Powered by GitBook
On this page
  • 1. Penurunan Barang Keseluruhan
  • 2. Penurunan Barang Sebagian atau Parsial
  • 3. Penurunan Barang Tidak Sesuai Urutan Pengiriman
  • 4. Penurunan Barang Dibatalkan
  • 5. Toko Pelanggan Tutup

Was this helpful?

  1. Route Optimization
  2. RO (Route Optimization)
  3. DFA (Delivery Force Automation)
  4. Cara Melakukan Pengiriman

Cara Memproses Penurunan Barang

Untuk memulai pengiriman dan penurunan barang, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

PreviousCara Memulai PengirimanNextCara Mencatat Pengeluaran (Expense)

Last updated 1 year ago

Was this helpful?

Dalam proses pengiriman barang terdapat beberapa case yang sering terjadi di lapangan, seperti:

  1. Penurunan Barang Keseluruhan

  2. Penurunan Barang Sebagian atau Parsial

  3. Penurunan Barang Tidak Sesuai Urutan Pengiriman

  4. Penurunan Barang Dibatalkan

  5. Toko Pelanggan Tutup

1. Penurunan Barang Keseluruhan

Penurunan barang keseluruhan artinya pelanggan yang telah memesan barang sebelumnya menerima barang sesuai dengan jumlah pesanan yang ada dan tidak ada melakukan retur sama sekali.

Berikut cara menurunkan barang keseluruhan.

Step 1. Buka menu Rute.

Step 2. Anda dapat melakukan pengiriman ke pelanggan pertama sesuai urutan dengan cara klik nama pelanggan.

Contoh : - Nama Toko : EAYANG - Alamat : Jl. Insinyur Haji Juanda, 102

Step 3. Klik Petunjuk Arah untuk melihat rute perjalanan via Google Maps.

Step 4. Jika sudah sampai di lokasi pelanggan, silakan kembali ke menu Rute pada aplikasi DFA, dan klik Turunkan Barang.

Step 5. Pilih Kirim Semua pada nama produk yang telah diturunkan karena tidak ada barang yang diretur atau dikembalikan.

NOTE:

  • Eayang : Nama Toko Pelanggan

  • C-50 : Kode Pelanggan

  • Ikon telepon : Untuk menelpon pelanggan secara langsung.

  • DO-230800204 : Nomor surat jalan.

  • P-07 : Kode produk (barang)

  • GoodSnack Rasa Madu : Nama produk (barang)

  • Pesanan : Jumlah kuantitas pesanan sesuai unit.

  • Terkirim : Jumlah kuantitas pesanan yang diterima pelanggan.

  • Tambah Alasan : Menu catatan alasan jika terdapat retur.

  • Kirim Semua : Tombol apabila seluruh pesanan diterima keseluruhan.

Step 6. Pilih Lanjut.

Step 7. Tambah Tanda Tangan pelanggan sebagai tanda terima dan pilih Simpan.

Step 8. Tambah Foto sebagai bukti penurunan barang.

Note : Anda dapat mengambil foto maksimal 5 foto. Foto diambil real-time sehingga tidak bisa diupload dari Galeri.

Step 9. Pilih Selesai.

Data barang yang telah Anda turunkan otomatis telah terkirim ke backoffice admin untuk dikonfirmasi lebih lanjut.

FYI:

  1. Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.

  2. Saat toko sudah diturunkan barang keseluruhan, bagian kanan menjadi status Terkirim.

2. Penurunan Barang Sebagian atau Parsial

Penurunan barang sebagian atau parsial artinya pelanggan yang telah memesan barang sebelumnya menerima barang tidak sesuai dengan jumlah pesanan yang ada sehingga ada yang dikembalikan atau diretur dengan catatan dapat diantar lagi atau dibatalkan dengan berbagai alasan seperti:

  • Barang tidak sesuai pesanan.

  • Barang rusak saat pengantaran.

  • Barang sudah kadaluarsa atau expired.

  • Ingin menukar barang.

Berikut cara menurunkan barang sebagian atau parsial.

Step 1. Buka menu Rute.

Step 2. Anda dapat melakukan pengiriman ke pelanggan pertama sesuai urutan dengan cara klik nama pelanggan.

Contoh : - Nama Toko : BERKAH NAMOTONGAN - Alamat : Jl. Durian, Perkebunan Nam

Step 3. Klik Petunjuk Arah untuk melihat rute perjalanan via Google Maps.

Step 4. Jika sudah sampai di lokasi pelanggan, silakan kembali ke menu Rute pada aplikasi DFA, dan klik Turunkan Barang.

Step 5. Pilih Barang pada nama produk yang telah diturunkan dan isi sesuai jumlah yang hanya diterima.

Contoh : Produk KHAYANGAN K.16 / 9700 (23) dipesan sebanyak 4 Slop namun saat pengiriman barang, terdapat 1 Slop rusak saat tiba. Sehingga pelanggan hanya menerima 3 Slop. 1 Slop akan diretur atau dikembalikan ke distributor.

NOTE :

  • Kode Produk: RKKKHA16-23

  • Nama Produk: KHAYANGAN K.16 / 9700 (23)

  • Pesanan : pesanan awal 4 SLP

  • Terkirim : pesanan diterima pelanggan 3 SLP.

  • Tambah Alasan : Barang rusak saat tiba untuk 1 SLP yang tidak diterima.

Step 6. Pilih Terkirim.

Step 7. Pilih Lanjut.

Step 8. Tambah Tanda Tangan pelanggan sebagai tanda terima dan pilih Simpan.

Step 9. Tambah Foto sebagai bukti penurunan barang.

Note : Anda dapat mengambil foto maksimal 5 foto. Foto diambil real-time sehingga tidak bisa diupload dari Galeri.

Step 10. Pilih Selesai.

Data barang yang telah Anda turunkan otomatis telah terkirim ke backoffice admin untuk dikonfirmasi lebih lanjut.

FYI:

  • Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.

  • Saat toko sudah diturunkan barang sebagian, bagian kanan tetap sama dengan tampilan jam estimasi tiba karena tidak semua barang terkirim.

3. Penurunan Barang Tidak Sesuai Urutan Pengiriman

Penurunan barang tidak sesuai urutan pengiriman artinya pelanggan yang telah diurutkan rute pengirimannya tidak diantar sesuai urutan namun tetap dilakukan pengiriman di hari yang sama. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa kondisi lapangan seperti:

  • Akses jalan ditutup sehingga pengantaran tertunda dan harus pergi ke tujuan pengiriman selanjutnya.

  • Toko pelanggan belum buka.

  • Supir menemukan jalan lebih cepat untuk menuju ke lokasi seluruh pengiriman sehingga terjadi perbedaan urutan pengiriman.

  • Terdapat kendala pada kendaraan atau armada sehingga harus melewati toko pelanggan yang seharusnya dikunjungi.

Langkah yang harus dilakukan oleh Supir adalah dengan tidak melakukan penurunan barang sama sekali pada toko pelanggan yang dilewati namun jika sudah dapat menuju ke pelanggan tersebut, supir tetap melakukan penurunan barang di hari yang sama.

Contoh:

Toko Kedai Karunia terdapat pada urutan ke 3 dengan ETA (Estimation Time Arrival) atau estimasi tiba pada pukul 15:07. Namun, karena toko masih belum buka, supir dapat menuju ke urutan berikutnya tanpa harus melakukan apapun pada Toko Karunia.

Dan supir dapat kembali lagi menuju ke toko Kedai Karunia untuk menurunkan barang, saat toko tersebut sudah buka misalnya pada pukul 16.00 WIB.

FYI:

  1. Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.

  2. Saat sudah lompat atau skip ke toko berikutnya, bagian kanan tetap sama dengan tampilan jam estimasi tiba karena belum terkirim.

4. Penurunan Barang Dibatalkan

Penurunan barang dibatalkan artinya pelanggan yang telah memesan sebelumnya namun melakukan pembatalan di saat pengiriman. Sehingga, tidak ada pengiriman kembali untuk surat jalan pesanan pelanggan tersebut di hari berikutnya. Hal ini bisa terjadi dengan beberapa kondisi lapangan seperti:

  • Pelanggan membatalkan dengan alasan barang rusak saat tiba.

  • Pelanggan membatalkan dengan alasan barang tidak sesuai sehingga tidak akan dikirim kembali.

  • Pelanggan membatalkan dengan alasan barang terlalu lama tiba sehingga tidak jadi pesan, dan lain-lain.

Langkah yang harus dilakukan oleh Supir adalah sebagai berikut.

Step 1. Dengan kondisi sudah sampai atau sedang dalam perjalanan pengiriman, klik Turunkan Barang.

Contoh : Toko WINA

Step 2. Kemudian klik titik tiga dan pilih Batalkan surat jalan di sebelah nomor surat jalan atau DO.

Contoh : DO-230800205

Step 3. Pilih atau Isi Alasan dibatalkan.

Step 4. Kemudian pilih Perbarui.

Step 5. Pengiriman yang dibatalkan akan muncul tanda Batal pada bagian bawah nomor DO dan sudah tidak dapat dikembalikan seperti semula.

Step 6. Pilih Lanjut.

Step 7. Tambah Tanda Tangan dan Foto (jika ada) sebagai bukti pembatalan.

Step 8. Pilih Selesai.

FYI:

Status pada nama pelanggan di daftar pengiriman akan berubah menjadi Dibatalkan.

5. Toko Pelanggan Tutup

Jika toko pelanggan tutup, dan supir mendapat informasi bahwa pengiriman tetap dilakukan di hari berikutnya, maka supir dapat memberikan informasi tersebut ke admin.

Langkah yang harus dilakukan oleh Supir adalah sebagai berikut.

Step 1. Dengan kondisi sudah sampai pada lokasi toko pelanggan, klik Turunkan Barang.

Contoh : Kedai Karunia

Step 2. Kemudian klik titik tiga dan pilih Tambah alasan surat jalan di sebelah nomor surat jalan atau DO.

Contoh : DO-230800197

Step 3. Pilih atau Isi Alasan Pengiriman.

Contoh : Toko Tutup

Step 4. Kemudian pilih Perbarui.

Step 5. Pilih Lanjut.

Step 6. Tambah Foto sebagai bukti tutup.

Step 7. Pilih Selesai.

FYI:

  • Saat toko belum dilakukan penurunan barang, bagian kanan toko adalah tampilan jam estimasi tiba.

  • Saat toko sudah diturunkan barang sebagian, bagian kanan tetap sama dengan tampilan jam estimasi tiba karena tidak semua barang terkirim.

Toko Pelanggan Tutup

Penurunan Barang Keseluruhan

Penurunan Barang Sebagian atau Parsial

Penurunan Barang Tidak Sesuai Urutan Pengiriman

Penurunan Barang Dibatalkan