Cara Membuat Pembayaran Pelanggan
Jika terdapat pelanggan yang ingin melakukan pembayaran saat penagihan, Anda dapat menggunakan fitur Pembayaran Pelanggan sebagai berikut.
Last updated
Jika terdapat pelanggan yang ingin melakukan pembayaran saat penagihan, Anda dapat menggunakan fitur Pembayaran Pelanggan sebagai berikut.
Last updated
Step 1. Buka menu Beranda.
Step 2. Pilih Pembayaran Pelanggan.
Step 3. Klik Buat pembayaran pelanggan baru atau klik +.
Step 4. Pilih Pelanggan.
Step 5. Cari nama pelanggan. Contoh : Agus
Step 6. Pilih Metode pembayaran sesuai yang diterima.
Step 7. Isi Total pembayaran sesuai dana yang diterima.
Contoh : Agus memiliki 1 faktur aktif yang belum dibayar sebanyak Rp636.000,00. Pada penagihan ini, Agus akan membayar senilai Rp100.000.
Nilai Rp100.000,00 di atas belum terpakai alias belum ditujukan terhadap invoice yang akan dibayar.
Note:
Step 8. Tambah Catatan bila perlu.
Step 9. Pilih Bayar jika total pembayaran telah dibayar ke faktur aktif yang dituju.
Step 9. Pembayaran telah berhasil jika muncul pop up berikut.
Step 10. Kemudian akan terbentuk 1 dokumen pembayaran seperti berikut.
Step 11. Lakukan Sinkron Transaksi dan Master Data agar pembayaran terkirim ke backoffice SMH.
FYI: Tanda bahwa pembayaran telah terkirim, dapat dilihat dari prefix (awalan) nomor dokumen yang telah berubah. Contoh : PAY-240404024458 (belum dikirim/sinkron) -> CP-240400002 (sudah dikirim/sinkron)
Centang , jika total pembayaran ditujukan terhadap semua faktur yang belum dibayar.
Atau, isi manual sesuai nilai total pembayaran terhadap masing-masing faktur yang belum dibayar. (Apabila terdapat lebih dari satu faktur aktif).
Atau, pilih jika faktur ingin dibayar lunas.