RO (Route Optimization)

Fitur RO disediakan untuk membantu Anda yang berfokus pada bidang distribusi khusus pengiriman agar supir dapat melakukan penurunan barang dan terdata pada sistem.

Pada fitur RO terdapat dua menu akses yang harus diketahui sebagai berikut.

  1. Route Optimization - (Web-based)

  2. Aplikasi DFA (Delivery Force Automation) - (Mobile)

Saat Anda menggunakan RO, Anda harus menyiapkan data berikut:

  1. Pastikan data berikut telah terdaftar pada backoffice.

  1. Buat akun supir untuk DFA klik disini.

  2. Admin melakukan penentuan surat jalan yang akan dibawa oleh supir dengan cara RO yang berjalan dengan cara berikut.

  • Pastikan gudang utama telah terdapat stok yang akan dibawa oleh armada, dengan tambah stok gudang utama, klik disini.

  • Selanjutnya, admin dapat membuat Surat Jalan atau Delivery Order (DO) sesuaikan dengan beberapa cara seperti berikut:

  1. Jika Anda menggunakan SFA - TO, pastikan pesanan penjualan atau Sales Order (SO) telah dibuat baik dari SFA-TO maupun SMH dengan status sudah verified. Cek SO terdaftar dengan cara klik disini. Selanjutnya, buat DO berdasarkan referensi SO yang sudah terdaftar dengan cara klik disini. Note : proses ini akan memotong stok pada SMH.

  2. Jika Anda menggunakan integrasi ke 3rd Party seperti Accurate atau XAI, maka Anda dapat menarik DO yang sudah dibuat sebelumnya dengan cara Sync Transaction pada SMH dengan cara klik disini. Note : proses ini tidak akan memotong stok pada SMH.

  3. Jika Anda menggunakan sistem lain untuk membuat DO namun tidak terintegrasi dengan SMH, maka Anda dapat menggunakan cara import DO dengan cara klik disini. Note : proses ini tidak akan memotong stok pada SMH.

  • DO yang telah terdaftar dan siap untuk diproses akan berstatus Ready.

  1. Admin dapat membuat Rekap Surat Jalan atau Delivery Summary (DS) agar dapat teoptimasi rute pengiriman secara otomatis.

Pada saat memproses DS, Anda dapat menentukan jenis pengiriman teroptimasi berdasarkan Volume atau Berat, atau berdasarkan keduanya.

Untuk membuat DS, silakan ikuti langkah dengan klik disini.

  • Status DS yang sudah dapat digunakan oleh supir adalah Delivering.

  1. Selanjutnya, supir dapat melakukan pengantaran dengan cara berikut:

  • Download aplikasi DFA dengan cara klik disini.

  • Login ke aplikasi DFA dengan cara klik disini.

  • Pastikan nama pada menu Profil sesuai dengan nama supir.

  • Check rute pengantaran hari ini pada menu Rute.

  • Check rute pengantaran hari ini, besok atau sebelumnya pada menu Delivery Summary.

  • Jika supir telah siap berangkat pengantaran, silakan mulai pengantaran dengan cara klik disini.

  • Jika terdapat pengeluaran selama perjalanan pengantaran seperti Bensin, Tol, Parkir atau SPSI catat pada menu Pengeluaran dengan cara klik disini.

  • Jika pengantaran sudah selesai keseluruhan, lakukan Selesaikan Pengiriman dengan cara klik disini.

  • Selanjutnya, supir sudah dapat keluar/logout dari aplikasi DFA dengan cara klik disini.

  1. Ketika pengiriman telah selesai, Admin dapat melakukan konfirmasi pengantaran melalui nomor DS yang sedang berjalan sebelumnya dengan cara klik disini.

Sebelum melakukan simpan pada saat konfirmasi DS, pastikan jumlah barang terantar atau tidak terantar. Jika terdapat barang tidak terantar terdapat dua cara yang dapat diproses:

  1. Antar Lagi. Isi kolom Antar Lagi sesuai jumlah sisa yang akan diantar ulang.

  2. Tidak Antar Lagi. Isi kolom Antar Lagi dengan 0.

Akan terbentuk dua dokumen jika terdapat retur atau antar lagi dengan nomor dokumen baru yaitu 1. DR : Delivery Retur 2. DO : Delivery Order baru sisa pengantaran ulang.

  1. Admin dapat melihat bukti tanda tangan dan pengeluaran pada setiap DO yang sebelumnya diantar pada menu Surat Jalan atau Delivery Order dengan cara klik disini.

Pengantaran telah selesai.

Silakan dicoba, Kawan Simpli! :)

Last updated