Cara Menambahkan Data Pelanggan - Manual

Untuk mendaftarkan pelanggan, Anda perlu menginput data pelanggan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Menambahkan Data Pelanggan - Manual

Step 1: Masuk ke menu Data Master > Pelanggan > Master Pelanggan.

Step 2: Kemudian untuk menambah pelanggan klik tombol + Tambah Pelanggan.

Step 3: Masukkan data pelanggan Anda sesuai form yang tertera seperti:

  • Informasi Pelanggan : gambar toko, kode, status, nama, pajak, salesman, daftar harga, divisi, waktu pembayaran, dan catatan.

  • Informasi Alamat : Alamat, detail alamat, latitude, longitude, provinsi, kota, kecamatan, kode pos.

Note: Ketika memilih provinsi, otomatis, data kota, kecamatan dan desa dapat dipilih dengan dropdown.

  • Informasi Pemilik : Nama, alamat, nomor telepon, email, NIK/NPWP16, NPWP15, Nomor KK dan gambar dokumen pendukung yang berkaitan dengan pelanggan.

NOTE

Penambahan fitur gambar dokumen pendukung ini dapat digunakan oleh salesman/admin meng-upload foto dokumen pendukung dari customer. Seperti dokumen perjanjian kerja sama, surat izin, NPWP, dll. Namun, saat ini hanya terdapat pada backoffice SMH.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, user harus diberikan role baru yaitu Customer Document Access.

Keterangan:

  • Tambah Gambar : Foto profile customer

  • Kode : Kode customer

  • Status: Status Customer (Active, Unverified, Nonactive, Blacklist)

  • *Nama : Nama customer

  • Pajak : Istaxable (Dikenakan pajak); Non Taxable (Tidak dikenakan pajak)

  • Salesman : nama salesman

  • Daftar Harga : Nama daftar harga

  • Divisi : Nama divisi

  • Waktu Pembayaran : Nama waktu pembayaran

  • Catatan : deskripsi customer

  • Alamat : Alamat customer

  • Detail Alamat : Detail alamat customer

  • Latitude : titik koordinat garis horizontal

  • Longitude : titik koordinat garis lintang

  • Provinsi : Provinsi

  • Kota : Kota

  • Kecamatan : Kecamatan

  • Desa: Desa

  • Kode Pos : Kode pos

  • Nama : nama pemilik

  • Alamat : alamat pemilik

  • Telephone : Nomor telepon

  • Email : alamat email

  • Nomor NIK/NPWP16 : Nomor identitas

  • Nomor NPWP 15 : nomor NPWP

  • NoKK : Nomor KK

  • Unggah Foto : Dokumentasi terkait customer

Note:

  • Pilihan dengan tanda (*) wajib diisi!

Step 4: Jika sudah diisi dengan benar, klik tombol Simpan. Step 5: Data dinyatakan tersimpan apabila Anda diarahkan kembali ke halaman Pelanggan dan muncul pop up:

Step 6: Anda juga dapat memastikan dengan mencari nama pelanggan pada kolom pencarian.

Silakan dicoba, Kawan Simpli! :)

Last updated