Cara Memahami Surat Jalan atau Delivery Order (DO)

Untuk memahami DO yang telah dibuat, Anda dapat melihat penjelasan dibawah.

DO atau Surat Jalan merupakan dokumen penting dalam pengiriman barang yang dipesan oleh pelanggan. Adapun cara untuk melihat letak DO serta penjelesannya adalah sebagai berikut:

Step 1: Buka menu Pengiriman

Step 2: Lalu Pilih Menu Surat Jalan

Step 3. Pilih nomor Surat Jalan atau DO yang ingin dilihat.

Contoh : DO-230900254

NOTE:

Status pada DO (Surat Jalan)

  • Ready : DO siap untuk dikirim ke pelanggan.

  • Completed: DO telah sampai ke pelanggan dan telah dikonfirmasi oleh admin.

  • Delivery : DO sedang dalam perjalanan ke pelanggan namun belum dikonfirmasi oleh admin.

  • Delivered : DO telah sampai ke pelanggan namun belum dikonfirmasi oleh admin.

  • Cancelled : DO telah dibatalkan.

Pada detail DO, terdapat data berikut :

NOTE:

  • Tanggal Dibuat : tanggal DO dibuat.

  • Tanggal Dikirim (DS) : tanggal DO dikirim atau masuk ke rekap surat jalan (DS).

  • Catatan : catatan apabila terjadi retur atau catatan tambahan selama pengantaran.

  • No. Pesanan : nomor pesanan penjualan yang berkaitan dengan DO.

  • Kapasitas : jumlah kapasitas DO pada DS dalam bentuk volume dan berat.

  • Waktu Estimasi Tiba (ETA) : tanggal dan jam perkiraan DO sampai ke pelanggan.

  • Waktu Tiba : tanggal dan jam aktual pengantaran.

  • Selisih Waktu : selisih waktu antara perkiraan tiba hingga aktual waktu tiba.

  • Pelanggan : nama pelanggan

  • Alamat Pelanggan : alamat pelanggan

  • Alasan : alasan jika ada pembatalan DO.

  • High Priority : prioritas DO untuk dikirim

  • Foto Pengantaran : bukti gambar saat pengantaran.

  • Tanda tangan pelanggan : bukti tanda tangan pelanggan menerima barang.

NOTE :

  • Lokasi Penurunan : informasi apakah penurunan sesuai lokasi atau tidak

  • Total Produk : jumlah produk yang dipesan.

  • Terkirim : jumlah persentase produk yang diterima.

  • Batal : jumlah persentase produk yang dibatalkan.

  • Kode Produk : kode produk yang dipesan.

  • Nama Produk : nama produk yang dipesan.

  • Pesanan : jumlah produk yang dipesan.

  • Terkirim : jumlah produk yang terkirim.

  • Tidak Terkirim : jumlah produk yang tidak terkirim.

  • Catatan : catatan produk saat pengiriman.

  • Batal : tombol untuk membatalkan DO.

Last updated