Cara Membuat Pembayaran Pelanggan

Jika terdapat pelanggan yang ingin melakukan pembayaran saat penagihan, Anda dapat menggunakan fitur Pembayaran Pelanggan sebagai berikut.

Step 1. Buka menu Beranda.

Step 2. Pilih Pembayaran Pelanggan.

Step 3. Klik Buat pembayaran pelanggan baru atau klik +.

Step 4. Pilih Pelanggan.

Step 5. Cari nama pelanggan. Contoh : Agus

Step 6. Pilih Metode pembayaran sesuai yang diterima.

Step 7. Isi Total pembayaran sesuai dana yang diterima.

Contoh : Agus memiliki 1 faktur aktif yang belum dibayar sebanyak Rp636.000,00. Pada penagihan ini, Agus akan membayar senilai Rp100.000.

Nilai Rp100.000,00 di atas belum terpakai alias belum ditujukan terhadap invoice yang akan dibayar.

Note:

Step 8. Tambah Catatan bila perlu.

Step 9. Pilih Bayar jika total pembayaran telah dibayar ke faktur aktif yang dituju.

Step 9. Pembayaran telah berhasil jika muncul pop up berikut.

Step 10. Kemudian akan terbentuk 1 dokumen pembayaran seperti berikut.

Step 11. Lakukan Sinkron Transaksi dan Master Data agar pembayaran terkirim ke backoffice SMH.

FYI: Tanda bahwa pembayaran telah terkirim, dapat dilihat dari prefix (awalan) nomor dokumen yang telah berubah. Contoh : PAY-240404024458 (belum dikirim/sinkron) -> CP-240400002 (sudah dikirim/sinkron)

Last updated