Cara Melihat Laporan Kunjungan (Visit Report)
Last updated
Last updated
Penting!
Report ini akan diberikan tanpa ada biaya tambahan (free of charge) kepada user sampai batas waktu yang belum ditentukan.
Untuk sementara user yang ingin mendapatkan report bisa merequest ke Customer Sucess Associate.
Step 1: Masuk ke menu Intelijen > Laporan Kunjungan.
Step 2: Anda dapat melihat laporan kunjungan berdasarkan filter yang tersedia seperti Date, Customer, Salesperson, dan Role.
Filter Date: Dapat menampilkan laporan kunjungan berdasarkan tanggal kunjungan.
Filter Customer: Dapat menampilkan laporan kunjungan berdasarkan nama pelanggan.
Filter Salesperson: Dapat menampilkan laporan kunjungan berdasarkan nama salesman.
Role : Dapat menampilkan laporan kunjungan berdasarkan peran salesman.
Step 3: Anda dapat melihat Total Visited, Planned visit progress, dan Sales made through visit.
Total Visited : Menampilkan jumlah kunjungan berdasarkan rute.
Planned Visit: jumlah kunjungan berdasarkan rute.
Unplanned visit : jumlah kunjungan tidak berdasarkan rute.
Planned visit progress : Menampilkan pencapaian kunjungan berdasarkan target rute yang telah dibuat.
Target : jumlah total pelanggan yang harus dikunjungi.
Visited : jumlah kunjungan yang telah diselesaikan berdasarkan target (52/158).
Unvisited : jumlah kunjungan yang belum diselesaikan berdasarkan target (106/158).
Sales made through visit: Menampilkan data kunjungan yang efektif atau yang memiliki pesanan/faktur penjualan saat melakukan kunjungan.
Eff. calls: jumlah kunjungan yang memiliki transaksi pesanan/faktur penjualan
No sales visit : jumlah kunjungan yang tidak memiliki transaksi pesanan/faktur penjualan.
Step 4: Anda dapat melihat Total Visited Customer.
Total Visited Customer : Menampilkan total pelanggan yang dikunjungi sesuai tanggal kunjungan.
Contoh : Dari 15 total customer, salah satunya terdapat pada Jumat, 26 April 2024 terdapat 4 pelanggan yang telah dikunjungi.
Step 5: Anda dapat melihat total penjualan pada Total Sales.
Total Sales : Menampilkan total penjualan yang didapat selama kunjungan.
Contoh : dari 93,51 juta rupiah yang didapat, salah satunya terdapat pada hari Selasa, 12 November 2024 yaitu dari faktur penjualan Rp23,760,000.
Step 6: Anda dapat melihat Check In Parameter.
Check In Parameter : Menampilkan total kunjungan yang terjadi sesuai batas toleransi jarak yang diberikan selama kunjungan.
Within Store Area : kunjungan terjadi sesuai lokasi atau masih berada dalam batas toleransi jarak kunjungan antara lokasi pelanggan dengan lokasi salesman saat berkunjung (check in).
Out of Store (OOS): kunjungan terjadi tidak sesuai lokasi atau tidak berada dalam batas toleransi jarak kunjungan antara lokasi pelanggan dengan lokasi salesman saat berkunjung (check in).
Step 6: Anda dapat melihat Top Performing Customer by Sales.
Top Performing Customer by Sales : Menampilkan data pelanggan dengan jumlah transaksi terbesari hingga terkecil berdasarkan nominal transaksi pesanan/faktur penjualan.
Contoh : Aaf, Toko merupakan pelanggan dengan jumlah transaksi terbanyak yaitu Rp44,160,000.
Step 7. Anda dapat melihat grafik perbandingan antara Planned vs Actual visited by date.
Planned vs Actual visited by date : Menampilkan data perbandingan kunjungan berdasarkan rute, dan kunjungan tidak berdasarkan rute.
Planned : jumlah kunjungan yang direncanakan berdasarkan rute.
Visited : jumlah kunjungan yang terealisasi berdasarkan rute.
Unplan : jumlah kunjungan tidak berdasarkan rute.
Step 8. Anda dapat melihat Visited vs Eff.Call by date.
Visited vs Eff.Call by date : Menampilkan jumlah perbandingan kunjungan baik berdasarkan rute dan tidak berdasarkan rute dengan transaksi yang dihasilkan saat kunjungan.
Visited : jumlah kunjungan yang terjadi baik sesuai atau tidak sesuai rute.
Eff.Call : jumlah kunjungan yang memiliki transaksi.
Step 9. Anda dapat melihat Eff.Calls, Visited and Sales by Customers.
Eff.Calls, Visited and Sales by Customers : Menampilkan data kunjungan berdasarkan transaksi pelanggan.
Contoh : Pelanggan FC Kurnia telah dikunjungi 1 kali dan terdapat transaksi saat kunjungan senilai Rp1,125,000.
Step 10. Anda dapat melihat Eff. Call and Sales by Date.
Eff. Call and Sales by Date : Menampilkan data penjualan berdasarkan kunjungan efektif yang menghasilkan transaksi sesuai tanggal.
Contoh:
Pada Jumat, 23 Februari 2024 terdapat penjualan senilai Rp1,165,000 dan transaksi tersebut berasal 2 kunjungan efektif.
Step 11. Anda dapat melihat Customer Distribution by City.
Customer Distribution by City : Menampilkan jumlah pelanggan berdasarkan kota serta total penjualan.
Contoh : Pada Kabupaten Deli Serdang terdapat 2 pelanggan dengan total transaksi penjualan senilai Rp1,125,000.
Step 12. Anda dapat melihat Salesman Summary.
Salesman Summary : Menampilkan detail kunjungan berdasarkan salesman yang melakukan kunjungan.
Contoh : Salesman dengan kode EMP-231100004 atas nama Intan pada tanggal 29 Juni 2024 dengan dua peran salesman dan Canvasser melakukan satu kunjungan sesuai berdasarkan jumlah rute dan target. Dimulai pada pukul 9:21 - 9:22 selama 1 menit. Intan berkunjungan tidak sesuai lokasi karena tercatat OOS (Out of Store) namun memiliki 1 transaksi Sales Order (SO) dengan 1 item senilai Rp96,000.
Step 13. Anda dapat melihat Customer Summary.
Customer Summary : Menampilkan detail rangkuman dari kunjungan berdasarkan pelanggan.
Contoh : Salesman dengan kode EMP-231100004 atas nama Intan mengunjungi pelanggan dengan kode CS-231100001 atas nama Aab, tk di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia yang berlokasi titik latitude : 3.6297 dan longitude 98.6972 sesuai rute kunjungan namun tidak sesuai lokasi (OOS) karena titik Intan berada di latitude 1.3600 dan longitude 99.2866 sesuai urutan rute. Pesanan yang dibuat dengan nomor SO-240600074 senilai Rp96.000 dengan 1 item.
Silakan dicoba, Kawan Simpli! :)