Cara Membuat Faktur Penjualan (Sales Invoice - SI) saat Kunjungan
Last updated
Last updated
Step 1: Buka halaman Beranda.
Step 2: Kemudian klik Pelanggan.
Step 3: Lakukan Check In seperti langkah di sini.
Step 4: Klik Buat pada pelanggan yang sedang dikunjungi (berstatus "visiting").
Step 5: Pilih Tambah Item.
Terdapat tab pembeda antara Pesanan atau Sales Order (SO) dan Faktur atau Sales Invoice (SI). Untuk SI yakni tampilan berwarna biru dan SO berwarna merah. Kondisi ini terjadi apabila salesman merupakan Canvasser.
Step 6: Pilih Faktur yang berwarna biru.
Step 7: Pilih Waktu Pembayaran.
Step 8: Tentukan Waktu Pembayaran sesuai daftar yang telah ditentukan. Contoh : COD (Cash on Delivery)
Step 9: Pilih Tambah Item untuk menambah produk yang dipesan.
Step 10: Pilih produk yang dipesan.
Contoh : Susu Evaporasi.
Step 11: Tentukan jumlah yang dipesan kemudian klik panah -> untuk melanjutkan.
Contoh : 5 DUS
Step 12: Ulangi step 10-11 untuk melakukan penambahan item pesanan dengan produk yang lain (Contoh : Susu Kental Manis).
Step 13: Klik tanda panah -> untuk menyelesaikan pesanan.
Garis berwarna tosca menandakan produk telah masuk dalam daftar pesanan.
Step 14. Klik Simpan jika faktur dan estimasi total telah sesuai (Termasuk perhitungan pajak & diskon jika ada). Atau klik Lanjutkan pembayaran jika faktur langsung dibayar di tempat.
Simpan : Sales Invoice (Faktur) masih berstatus Active.
Lanjutkan pembayaran : Sales Invoice (Faktur) akan berstatus Paid.
Step 15. Faktur telah berhasil tersimpan jika muncul pop up "Faktur penjualan baru telah dibuat!" seperti berikut.
Step 16. Jika memilih Lanjutkan pembayaran, maka akan muncul tampilan berikut.
Step 17. Isi Total pembayaran.
Contoh : Pembayaran Lunas dari total faktur Rp483.270,00. Isi total pembayaran sesuai total faktur. Namun, jika pembayaran cicilan, maka dapat diisi kurang dari total faktur.
Step 18. Klik icon Bayar -> untuk melanjutkan.
Step 19. Pembayaran telah berhasil jika muncul pop up "Pembayaran berhasil".
Step 20. Kemudian, klik Check Out untuk menyelesaikan kunjungan terhadap toko yang sedang dikunjungi dengan cara klik di sini.
Step 21. Lakukan Sinkron Transaksi dan Master Data & Sinkron Foto secara bersamaan untuk mengirim faktur dan gambar saat Check in, dan Check Out ke Back Office.
Selamat mencoba, Kawan Simpli :)