Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
Untuk melakukan pembayaran atas pesanan pembelian (Purchase Order) berdasarkan Faktur Pembayaran atau Purchase Invoice (PI)
Pada Purchase Invoice terdapat 4 status, yaitu:
Active: Belum ada pembayaran atau sudah ada pembayaran tetapi belum dikonfirmasi.
PartiallyPaid: Sudah ada pembayaran parsial.
Paid: Sudah pembayaran penuh.
Cancelled: Dibatalkan.
Tindakan yang dapat dilakukan jika status Purchase Invoice adalah:
Active: Edit, batal, melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).
PartiallyPaid: Melakukan pembayaran (jika masih ada sisa yang belum dibayar).
Paid: Tidak ada.
Cancelled: Tidak ada.
Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
Step 1: Masuk pada Pembelian (Purchase) > Faktur Pembelian (Purchase Invoice).

Step 2: Untuk melakukan Pembayaran Supplier dapat melalui 2 cara, yaitu melalui icon pada kolom Action dan melalui detail Faktur Pembelian (Purchase Invoice).
Step 2.1: Klik icon pada Faktur Pembelian yang akan dilakukan pembayaran. Yang dapat dilakukan pembayaran adalah pesanan dengan status Active atau PartiallyPaid.

Step 2.2: Klik tombol Lanjutkan Pembayaran (Proceed Payment).

Step 3: Akan masuk ke halaman Buat Pembayaran Supplier Baru (Create New Supplier Payment).

Step 4: Pilih Supplier, Tanggal Pembayaran, Metode Pembayaran, dan Pegawai.

Supplier: Isi dengan nama Supplier.
Alamat: Akan terisi otomatis sesuai dengan alamat dari Supplier yang dipilih.
Tanggal Pembayaran: Diisi dengan tanggal pembayaran pesanan Anda.
Metode Pembayaran: Diiisi dengan metode pembayaran pesanan Anda.
Pegawai: Isi dengan nama pegawai yang menerima pembayaran.
Step 5: Setelah mengisi seluruh data Supplier, maka pada tabel Tagihan Yang Belum Dibayar akan muncul tagihan mana aja yang belum di bayar dari Supplier yang dipilih.

Step 6: Masukkan nominal yang akan dibayarkan pada kolom Jumlah Yang Harus Dibayar dan kolom Dibayar pada No Faktur Pembelian.

Step 7: Kemudian klik tombol Simpan atau Simpan & Konfirmasi.
Step 8: Data dinyatakan tersimpan apabila Anda diarahkan ke halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) Anda akan muncul pada halaman Pembayaran Supplier (Supplier Payment) dengan status Active atau Completed.

Selamat mencoba, Kawan Simpli! :)
Last updated
Was this helpful?