Knowledge Base SAP
  • Getting Started
    • Mulai Jualan dengan SAP - SimpliDOTS dalam 5 Menit
    • Mulai Jualan dengan SFA - SimpliDOTS dalam 5 Menit
  • Alur Penggunaan SimpliDOTS
  • SAP (Sales Automation Platform)
  • 💻Website backoffice
    • SMH (Sales Management Hub)
      • Registrasi
        • Cara Mendaftar Akun Sales Automation Platform
        • Cara Masuk ke Sales Management Hub
        • Cara Keluar dari Sales Management Hub
      • Pengaturan Dasar
        • Memahami Pengaturan Dasar (Default Settings)
          • Cara Mengatur Customer - Default Limit
          • Cara Mengaktifkan Pembatasan Limit Jatuh Tempo (Overdue Limit)
        • Cara Mengubah Demo Data ke Live Data
        • Cara Mengubah Bahasa
        • Cara Ekspor Data
      • Pengaturan Umum
      • Subscription
        • Cara Berlangganan SAP
        • Cara Melihat Invoice Berlangganan
        • Cara Melihat Laporan Pembayaran Berlangganan
        • Cara Tambah Kuota User & Perpanjang Durasi Berlangganan (Renewal)
      • Integrasi
        • Accurate Online
          • Mengenal Integrasi Accurate Online
          • Cara Integrasi
          • Cara Integrasi (Multiple Cabang)
          • Cara Re-Integrasi
          • Cara Sinkronisasi Master Data
          • Cara Sinkronisasi Pesanan
          • Pertanyaan Seputar Sinkronisasi
            • Mengapa Jumlah Stok pada SAP x Accurate Online Berbeda?
            • Mengapa Jumlah Pelanggan pada SAP x Accurate Online Berbeda?
        • Jurnal.id
          • Mengenal Integrasi Jurnal.id
          • Cara Integrasi dengan Jurnal.id
          • Informasi Integrasi Status Order
        • Cara Buat Template
        • Sinkronisasi
          • Sinkron Data
          • Sinkron Transaksi
      • Notifikasi
        • Memahami Notifikasi Pembaruan
        • Memahami Notifikasi Log Aktivitas
      • Data Master
        • Import Data Pertama Kali untuk Pengguna Baru
        • Produk
          • Brand
            • Cara Menambahkan Brand
            • Cara Mengubah Brand
            • Cara Menghapus Brand
          • Cara Menambah Unit Produk
          • Cara Menambah Divisi
          • Daftar Harga
            • Cara Menambah Daftar Harga Secara Manual
            • Cara Menambah Daftar Harga Melalui Import
          • Master Produk
            • Cara Ubah Nama Pajak pada Master Data Produk melalui Impor Update Data
            • Cara Menambah Produk Secara Manual
            • Cara Menambah Data Produk Melalui Impor (Impor Data Baru)
            • Cara Mengubah Data Produk
            • Cara Menghapus Data Produk
            • Cara Ekspor Data Produk ke Excel/CSV
            • Cara Mengubah Data Produk Melalui Import Update Data
        • Pelanggan
          • Master Pelanggan
            • Memahami Detail Pelanggan
            • Cara Menambahkan Data Pelanggan - Manual
            • Cara Import Update Data Pelanggan
            • Cara Menambah Data Pelanggan Melalui Import
            • Cara Menambahkan Customer - Specific Limit
            • Cara Mengunduh atau Download Data Pelanggan Melalui Export Data
            • Cara Menghapus Pelanggan secara Massal (Bulking)
            • Cara Memverifikasi Status Pelanggan
          • Grup Pelanggan
            • Cara Impor Grup Pelanggan
            • Cara Menambahkan Customer Group (Grup Pelanggan)
            • Cara Mengubah Customer Group (Grup Pelanggan)
            • Cara Menghapus Customer Group (Grup Pelanggan)
          • Stok Pelanggan
            • Memahami Detail Stok Pelanggan
            • Cara Mencatat Stok Pelanggan
        • Supplier
          • Cara Menambah Data Supplier
          • Cara Mengubah Data Supplier
          • Cara Menghapus Data Supplier
        • Pegawai
          • Cara Menghapus Akun Pegawai
          • Cara Import Update Data Pegawai
          • Cara Menambah Data Pegawai
            • Cara Menambah Data Pegawai Secara Manual
            • Cara Menambah Data Pegawai Melalui Import
          • Cara Mengubah Data Pegawai
          • Cara Menambah Akun Pegawai
          • Cara Mengubah Password Akun Pegawai
          • Daftar Posisi
          • Cara Menambah Posisi Pegawai
          • Cara Mengubah Posisi (Tanpa Hirarki)
          • Cara Menghapus Posisi (Tanpa Hirarki)
          • Cara Mengubah Posisi (Dengan Hirarki)
            • Cara Mengubah Posisi (Dengan Hirarki) - Menambahkan Anggota Pada Pegawai yang Bersangkutan
            • Cara Mengubah Posisi (Dengan Hirarki) - Menambah Pegawai Untuk Posisi Yang Dibuat
          • Cara Menghapus Posisi (Dengan Hirarki)
            • Cara Menghapus Posisi (Dengan Hirarki) - Menghapus Anggota Dari Pegawai Yang Bersangkutan
            • Cara Menghapus Posisi (Dengan Hirarki) - Menghapus Pegawai Dan Anggotanya
          • Cara Menentukan Role Group Untuk SFA
          • Cara Menambahkan Role Group Supervisor
          • Cara Menambah Rule Aplikasi Route Optimization (Driver)
        • Keuangan
          • Cara Mengubah Data Pajak (Tax)
          • Cara Menambah Data Pajak (Tax)
          • Cara Menambah Metode Pembayaran
          • Cara Mengubah Metode Pembayaran
          • Cara Menghapus Metode Pembayaran
          • Cara Menambah Jangka Waktu Pembayaran
          • Cara Mengubah Jangka Waktu Pembayaran
          • Cara Menghapus Jangka Waktu Pembayaran
        • Skema Promo
          • 🆓Promo Buy X Get Y (BXGY)
          • 💸Diskon Kuantitas Bertingkat (Strata)
          • 💸Diskon Nominal Bertingkat (Strata)
          • 💰Diskon Nominal
          • 💲Diskon Persentase
        • Alasan
          • Cara Menambah Alasan Retur
          • Cara Mengubah Alasan Retur
          • Cara Menghapus Alasan Retur
      • Pembelian
        • Pesanan Pembelian (Purchase Order)
          • Cara Menambah Pesanan Pembelian (Purchase Order)
          • Cara Mengubah Data Pesanan Pembelian (Purchase Order)
          • Cara Membatalkan Pesanan Pembelian (Purchase Order)
        • Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
          • Cara Menambah Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
          • Cara Membatalkan Data Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
          • Cara Menghapus Pengiriman Pembelian (Purchase Delivery)
        • Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
          • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice) Berdasarkan Pesanan Pembelian (Purchase Order)
          • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice) Berdasarkan Purchase Delivery
          • Cara Membuat Faktur Pembelian (Purchase Invoice) Terpisah Dari Purchase Delivery
          • Cara Mengubah Data Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
          • Cara Membatalkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
        • Pembayaran Pembelian (Purchase Payment)
          • Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier
          • Cara Membuat Pembayaran Terhadap Supplier Berdasarkan Faktur Pembelian (Purchase Invoice)
          • Cara Melakukan Konfirmasi Pembayaran Supplier (Supplier Payment)
          • Cara Membatalkan Pembayaran Terhadap Supplier (Supplier Payment)
      • Stok
        • Stok
          • Cara Melihat Daftar Stok
          • Cara Mengunduh Daftar Stok melalui Ekspor
        • Transfer Stok
          • Cara Transfer Semua Stok
          • Cara Transfer Stok Manual
        • Penyesuaian Stok
          • Cara Mengeluarkan Stok melalui Impor
          • Cara Menambahkan Stok melalui Impor
          • Cara Menambahkan Stok (Stok Masuk)
          • Cara Mengeluarkan Stok (Stok Keluar)
        • Pergerakan Stok
          • Cara Mengunduh Pergerakan Stok
          • Cara Memahami Pergerakan Stok
        • Gudang
          • Cara Mengubah Data Gudang
          • Cara Menambahkan Gudang (Manual)
          • Cara Menambahkan Armada Canvass pada Gudang
          • Cara Menambahkan Gudang (Import)
          • Cara Mengubah Data Gudang
          • Cara Menghapus Data Gudang
          • Cara Ekspor Gudang
      • Penjualan
        • Pesanan Penjualan
          • Cara Menutup (Close) Sales Order
          • Cara Membuat Faktur dari Sales Order
          • Cara Mencetak Dokumen Pesanan Penjualan
          • Cara Mengubah Pesanan
          • Cara Membuat Pesanan Penjualan
          • Cara Melakukan Verifikasi Pesanan
          • Cara Melakukan Verifikasi Pesanan (Masal)
          • Cara Hapus Pesanan
          • Custom Prefix pada Sales Order
          • Melihat Data Pesanan
          • Cara Membuat Pesanan Dengan Diskon
          • Cara Mengunduh Data Pesanan Penjualan (Sales Order) - Export Data
        • Faktur
          • Cara Mencetak Dokumen Faktur Penjualan
          • Cara Membatalkan Sales Invoice
          • Cara Membuat Sales Invoice tanpa Sales Order
          • Cara Membuat Sales Invoice berdasarkan Sales Order
          • Cara Melihat Faktur Penjualan
          • Cara Melakukan Pembayaran Dari Faktur Penjualan
          • Cara Export Faktur Penjualan
        • Pembayaran Pelanggan
          • Cara Membatalkan Pembayaran Pelanggan
          • Cara Melihat Daftar Pembayaran
          • Cara Konfirmasi Pembayaran
        • Canvassing
          • Cara Mengaktifkan Fitur Canvassing
          • Cara Menambah Canvasing
          • Cara Kunci Stok
          • Cara Menjalankan Canvassing (Mulai Kanvas)
          • Cara Menambah Stok Pada Canvassing Yang Sedang Berjalan
          • Cara Memahami Daftar Canvassing
          • Cara Menambahkan Stok Pada Canvassing Dari Gudang Lain
          • Cara Melihat Daftar Kunjungan Canvassing
          • Cara Melihat Gambar Kunjungan Canvassing
          • Cara Menyelesaikan Periode Canvassing Yang Berjalan
          • Cara Konfirmasi Pembayaran Pada Menu Canvassing
          • Cara Menambah Stok ke Canvassing Status Draft
          • Cara Akhiri Canvas
        • E-Faktur
          • Persiapan Membuat E-Faktur
          • Cara Membuat E-Faktur - [E-Nofa]
          • Cara Membuat E-Faktur - [Coretax]
          • Cara Unduh E-Faktur format CSV - [E-Nofa]
          • Cara Unduh E-Faktur format XML/Excel - [Coretax]
          • Cara Membatalkan E-Faktur
        • Retur
          • Order
            • Cara Membuat Sales Order Return (OR) tanpa Referensi SO
            • Cara Membuat Sales Order Return (OR) dengan Referensi SO
            • Cara Memverifikasi Sales Order Return
            • Cara Membuat Surat Jalan Retur atau Delivery Return (DR)
            • Cara Membuat Faktur Retur atau Invoice Return (IR)
          • Invoice
          • Credit Notes
            • Nota Kredit untuk Pembayaran Faktur yang Belum Lunas
      • Pengiriman
        • Surat Jalan
          • Cara Membatalkan Surat Jalan (Delivery Order)
          • Cara Mencetak Dokumen Surat Jalan
          • Cara Menambahkan Surat Jalan
          • Cara Import Surat Jalan
          • Cara Menghapus Surat Jalan
          • Export Delivery Order (DO) Tanpa Model Template (Normal)
          • Export Delivery Order (DO) Dengan Model Template (Custom)
          • Cara Memahami Surat Jalan atau Delivery Order (DO)
        • Rekap Surat Jalan
          • Cara Mencetak Dokumen Rekap Pengantaran
          • Cara Mencetak Dokumen Rekap Surat Jalan
          • Cara Mengubah Rekap Surat Jalan (Delivery Summary - Manual)
          • Cara Membuat Rekap Surat Jalan (Delivery Summary) dengan Optimasi
          • Cara Membuat Rekap Surat Jalan (Delivery Summary) Secara Manual
          • Cara Tambah Rekap Surat Jalan (Rute Optimasi)
          • Cara Membatalkan Rekap Surat Jalan
          • Cara Konfirmasi Rekap Surat Jalan (Diterima Semua)
          • Cara Konfirmasi Rekap Surat Jalan (Dikirim Sebagian)
          • Export Delivery Summary (DS) Tanpa Model Template (Normal)
          • Export Delivery Summary (DS) Dengan Model Template (Custom)
        • Armada
          • Cara Menambahkan Armada
          • Cara Mengubah Armada
          • Cara Menghapus Armada
        • Armada Pelanggan
          • Cara Menambahkan Armada Pelanggan
          • Cara Mengubah Armada Pelanggan
          • Cara Menghapus Armada Pelanggan
        • RO (Route Optimization)
          • Constraint Route Optimization
      • Kunjungan
        • Informasi Kunjungan
          • Cara Melihat Daftar Kunjungan
          • Memahami Detail Informasi Kunjungan Salesman
          • Cara Mengunduh Data Kunjungan - Export Data
        • Geografis Kunjungan
          • Cara Melihat Posisi Salesman Secara Realtime
        • Manajemen Rute
          • Cara Membuat Rute Kunjungan Secara Manual
          • Cara Membuat Rute Kunjungan Melalui Import
          • Cara Mengubah Perancang Rute (Rute Harian)
          • Cara Mengubah Daftar Rute Mingguan
          • Cara Mengubah Employee Route Plan (Rencana Rute Salesman)
          • Cara Menghapus Perancangan Rute (Rute Harian)
          • Cara Menghapus Daftar Rute Mingguan
          • Cara Menghapus Employee Route Plan (Rencana Rute Salesman)
          • Cara Menghapus Semua Rute Harian dan Mingguan (Reset Rute)
      • Intelijen
        • Cara Export Excel Data Intelligence
        • Order Report
          • Cara Melihat Laporan Pemesanan (Order Report)
        • Products Report
          • Cara Melihat Laporan Produk (Product Report)
          • Cara Export Laporan Produk (Product Report)
        • Sales Report
          • Cara Melihat Laporan Penjualan (Sales Report)
          • Cara Export Laporan Penjualan (Sales Report)
        • Invoice Report
          • Cara Melihat Laporan Faktur (Invoice Report)
        • Delivery Report
          • Cara Melihat Laporan Pengiriman (Delivery Report)
        • Visit Report
          • Cara Melihat Laporan Kunjungan (Visit Report)
      • Dasbor
  • Smart Portal
    • Smart Portal - Principal
      • Cara Login ke Smart Portal - Principal
      • Cara Logout dari Smart Portal - Principal
      • Cara Membuat Koneksi (Connection) Smart Portal - Principal
      • Cara Sinkronisasi Smart Portal - Principal
      • Cara Memutuskan Koneksi (Disconnect) Smart Portal - Principal
      • Memahami Report Smart Portal - Principal
        • 📊 Sales Order Report
    • Smart Portal - Distributor
      • Cara Login ke Smart Portal - Distributor
      • Cara Logout dari Smart Portal - Distributor
      • Cara Integrasi dengan DMS, SAP, atau External
      • Cara Koneksi dengan Principal
      • Cara Impor File ke Smart Portal
      • Cara Membuat Model Template
      • Delivery Report
  • 📱Mobile application
    • SFA (Sales Force Automation)
      • UMUM
        • Cara Menginstall SFA
        • Cara Login SFA
        • Cara Logout SFA
        • Perbedaan Role Salesman TO dan Canvasser
      • PROFIL
        • Pengaturan
          • Memahami Ukuran Kertas Printer
          • Memahami Pengaturan Kamera
          • Cara Mengubah Bahasa
          • Cara Mengubah Mode Sinkron
          • Memahami Informasi Perangkat
          • Memahami Default Setting
        • Cara Mengubah Bahasa
        • Cara Hapus Semua Data
        • Cara Hapus Transaksi
      • BERANDA
        • Produk
          • Melihat Daftar Produk
        • Promo
          • Melihat Daftar Promo
        • Pembayaran Pelanggan
          • Cara Membuat Pembayaran Pelanggan
          • Melihat Daftar Pembayaran Pelanggan
        • Pesanan Penjualan
          • Cara "Share as PDF" & "Download" Dokumen SO (Sales Order)
          • Cara Membuat Pesanan Penjualan
          • Cara Ubah Pesanan Penjualan (SO)
          • Memahami Pesanan Penjualan
        • Faktur Penjualan
          • Memahami Faktur Penjualan
          • Cara Membuat Faktur Penjualan
        • Retur Pesanan
          • Memahami Retur Pesanan
          • Cara Membuat Retur Pesanan
        • Sinkronisasi Data
          • Cara Sinkron Transaksi dan Master Data
          • Cara Sinkron Foto
          • Cara Sinkron Transaksi dan Master Data & Sinkron Foto Bersamaan
        • Pelanggan
          • Cara Melihat Riwayat Pesanan dan Faktur Penjualan
          • Cara Mengubah Data Pelanggan
          • Cara Melihat Riwayat Kunjungan
          • Cara Mencatat Stok Pelanggan
          • Cara Menambah Pelanggan Baru
          • Cara Mengubah Alamat Pelanggan (Re-Geotagging)
          • Cara Mengubah Foto Profil Pelanggan
          • Cara Kunjungan (Check in) di Lokasi Pelanggan
          • Cara Kunjungan (Check out) dari Lokasi Pelanggan
          • Cara Membuat Pesanan Penjualan (Sales Order - SO) saat Kunjungan
          • Cara Membuat Faktur Penjualan (Sales Invoice - SI) saat Kunjungan
        • Geo Tag
          • Cara Geo Tag/Ubah Alamat Pelanggan
      • DASBOR
        • Memahami Dasbor
    • DFA (Delivery Force Automation)
      • Cara Install Aplikasi Delivery Force Auto (DFA)
      • Cara Login Aplikasi DFA
      • Cara Logout Aplikasi DFA
      • Memahami Menu Rekap Pengiriman
      • Cara Melakukan Pengiriman
        • Cara Memulai Pengiriman
        • Cara Memproses Penurunan Barang
        • Cara Mengakhiri Pengiriman
      • Cara Mencatat Pengeluaran (Expense)
    • Supervision
      • Umum
        • Cara Install SimpliDOTS Supervision
        • Cara Masuk (Login) ke SimpliDOTS Supervision
        • Cara Keluar (Logout) dari SimpliDOTS Supervision
      • Profile
        • Cara Melihat Profile Pengguna
        • Cara Memberikan Feedback Untuk SimpliDOTS Supervision
      • Home
        • Daily Visit
        • Customer
        • My Teammates
          • Cara Melihat Laporan Kinerja Tim
      • Dashboard
        • Memahami Menu Dashboard - Revamp
        • Cara Melihat Penjualan Harian
        • Cara Melihat Penjualan Mingguan
        • Cara Melihat Penjualan Bulanan
    • Tracking Agent
      • Cara Instal SimpliDOTS Tracking Agent
      • Cara Setting SimpliDOTS Tracking Agent
Powered by GitBook
On this page
  • Cara Menambah Rute Manajemen secara Manual
  • Rute 1 Minggu Sekali
  • Rute 2 Minggu Sekali
  • Rute 3 Minggu Sekali
  • Rute 4 Minggu Sekali
  • Rute All Customer

Was this helpful?

  1. Website backoffice
  2. SMH (Sales Management Hub)
  3. Kunjungan
  4. Manajemen Rute

Cara Membuat Rute Kunjungan Secara Manual

Anda dapat membuat Manajemen Rute dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

PreviousManajemen RuteNextCara Membuat Rute Kunjungan Melalui Import

Last updated 6 months ago

Was this helpful?

Cara Menambah Rute Manajemen secara Manual

Step 1: Masuk ke menu Kunjungan > Management Rute.

Step 2: Untuk menambahkan rute harian dapat melalui 2 cara, yaitu Rute Satu Minggu Sekali, Rute 2 Minggu Sekali (Ganjil & Genap), Rute 3 Minggu Sekali, dan Rute 4 Minggu Sekali

Rute 1 Minggu Sekali

Berikut yang harus dilakukan untuk menambahkan rute 1 minggu sekali:

  1. Menambahkan rute harian baru.

  2. Menambahkan daftar rute mingguan.

  3. Memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Anda dapat menambahkan rencana rute pada bagian Perancang Rute. Ketikkan nama Rute harian pada kolom Tambah Route Plan Baru kemudian Klik tanda +.

Case: Anda memiliki salesman bernama Desvita yang akan bekerja melakukan kunjungan selama 1 minggu mulai dari Senin - Jumat dan akan berulang setiap 1 minggu sekali.

Step 2: Mulai isi rute harian hari Senin untuk Desvita pada kolom Tambah Route Plan Baru lalu pilih tanda +.

Step 3: Akan muncul popup Data saved succesfully bahwa rute harian tersimpan.

Step 4: Masukkan nama pelanggan ke dalam rute harian "Senin Desvita" dengan cara cari nama pelanggan pada kolom Daftar Pelanggan kemudian pilih + pada nama pelanggan sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.

Lakukan hal yg sama untuk pelanggan lainnya.

Step 5: Ulangi hal yang sama ke Step 2 untuk rute hari berikutnya seperti Selasa Desvita, Rabu Desvita, hingga Jumat Desvita.

Step 6: Jika urutan rute belum sesuai, Anda dapat menggeser urutan pelanggan pada Daftar Route.

Setelah menambahkan rute harian baru maka step selanjutnya adalah menambahkan daftar rute mingguan.

Step 1: Anda dapat menambahkan Rute Harian yang telah ditambah sebelumnya di Perancang Rute ke dalam rute satu minggu dengan pilih Daftar Rute Mingguan.

Step 2: Buat nama rute mingguan yang Anda inginkan, pada kolom Mohon Masukkan Nama Rute Mingguan Baru kemudian klik tombol +.

Step 4: Tentukan nama rute harian yang telah Anda daftarkan sebelumnya dari hari Senin sampai dengan Minggu (tergantung kebijakan perusahaan).

Step 5: Klik Save pada bagian bawah.

Setelah menambahkan daftar rute mingguan step selanjutnya adalah memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Pilih Rute Minggu 1.

Step 2: Pilih Rute Mingguan pada nama pegawai.

Step 3: Akan muncul halaman Sync Master Data. Kemudian klik tombol OK.

Lakukan Sync stock and master data pada SFA Pegawai untuk mendapatkan perubahan rute terbaru.

Dari gambar di atas, rute yang digunakan oleh Desvita Sari adalah rute dengan 1 minggu sekali pengulangan. Di minggu 1, Desvita terdapat 5 hari kunjungan yaitu, Senin Desvita, Selasa Desvita, Rabu Desvita, Kamis Desvita, Jumat Desvita.

Tanda titik hijau di kolom Minggu 1, menandakan rute tersebut yang sedang aktif digunakan saat ini dan akan berulang setiap minggu.

Rute 2 Minggu Sekali

Berikut yang harus dilakukan untuk menambahkan rute 2 minggu sekali:

  1. Menambahkan rute harian baru.

  2. Menambahkan daftar rute mingguan.

  3. Memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Anda dapat menambahkan rencana rute pada bagian Perancang Rute. Ketikkan nama Rute harian pada kolom Tambah Route Plan Baru kemudian Klik tanda +.

Case: Anda memiliki salesman bernama Desvita yang akan bekerja melakukan kunjungan selama 1 minggu mulai dari Senin - Jumat dan akan berulang setiap 2 minggu sekali.

Step 2: Mulai isi rute harian hari Senin untuk Desvita pada kolom Tambah Route Plan Baru lalu pilih tanda +.

Step 3: Akan muncul popup Data saved succesfully bahwa rute harian tersimpan.

Step 4: Masukkan nama pelanggan ke dalam rute harian "Senin Desvita" dengan cara cari nama pelanggan pada kolom Daftar Pelanggan kemudian pilih + pada nama pelanggan sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.

Lakukan hal yg sama untuk pelanggan lainnya.

Step 5: Ulangi hal yang sama ke Step 2 untuk rute hari berikutnya seperti Selasa Desvita, Rabu Desvita, hingga Jumat Desvita.

Step 6: Jika urutan rute belum sesuai, Anda dapat menggeser urutan pelanggan pada Daftar Route.

Setelah menambahkan rute harian baru maka step selanjutnya adalah menambahkan daftar rute mingguan.

Step 1: Anda dapat menambahkan Rute Harian yang telah ditambah sebelumnya di Perancang Rute ke dalam rute satu minggu dengan pilih Daftar Rute Mingguan.

Step 2: Buat nama rute mingguan yang Anda inginkan, pada kolom Mohon Masukkan Nama Rute Mingguan Baru kemudian klik tombol +.

Step 4: Tentukan nama rute harian yang telah Anda daftarkan sebelumnya dari hari Senin sampai dengan Minggu (tergantung kebijakan perusahaan).

Step 5: Klik Save pada bagian bawah.

Setelah menambahkan daftar rute mingguan step selanjutnya adalah memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Pilih Rute Minggu 2.

Step 2: Pilih Rute Mingguan pada nama pegawai.

Step 3: Akan muncul halaman Sync Master Data. Kemudian klik tombol OK.

Lakukan Sync stock and master data pada SFA Pegawai untuk mendapatkan perubahan rute terbaru.

Dari gambar di atas, rute yang digunakan oleh Desvita Sari adalah rute dengan 2 minggu sekali pengulangan. Di minggu 2, Desvita terdapat 5 hari kunjungan yaitu, Senin Desvita, Selasa Desvita, Rabu Desvita, Kamis Desvita, Jumat Desvita.

Tanda titik hijau di kolom Minggu 1 dan Minggu 2, menandakan rute tersebut yang sedang aktif digunakan saat ini dan akan berulang setiap 2 minggu.

Rute 3 Minggu Sekali

Berikut yang harus dilakukan untuk menambahkan rute 3 minggu sekali:

  1. Menambahkan rute harian baru.

  2. Menambahkan daftar rute mingguan.

  3. Memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Anda dapat menambahkan rencana rute pada bagian Perancang Rute. Ketikkan nama Rute harian pada kolom Tambah Route Plan Baru kemudian Klik tanda +.

Case: Anda memiliki salesman bernama Desvita yang akan bekerja melakukan kunjungan selama 1 minggu mulai dari Senin - Jumat dan akan berulang setiap 3 minggu sekali.

Step 2: Mulai isi rute harian hari Senin untuk Desvita pada kolom Tambah Route Plan Baru lalu pilih tanda +.

Step 3: Akan muncul popup Data saved succesfully bahwa rute harian tersimpan.

Step 4: Masukkan nama pelanggan ke dalam rute harian "Senin Desvita" dengan cara cari nama pelanggan pada kolom Daftar Pelanggan kemudian pilih + pada nama pelanggan sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.

Lakukan hal yg sama untuk pelanggan lainnya.

Step 5: Ulangi hal yang sama ke Step 2 untuk rute hari berikutnya seperti Selasa Desvita, Rabu Desvita, hingga Jumat Desvita.

Step 6: Jika urutan rute belum sesuai, Anda dapat menggeser urutan pelanggan pada Daftar Route.

Setelah menambahkan rute harian baru maka step selanjutnya adalah menambahkan daftar rute mingguan.

Step 1: Anda dapat menambahkan Rute Harian yang telah ditambah sebelumnya di Perancang Rute ke dalam rute satu minggu dengan pilih Daftar Rute Mingguan.

Step 2: Buat nama rute mingguan yang Anda inginkan, pada kolom Mohon Masukkan Nama Rute Mingguan Baru kemudian klik tombol + Tambah. Contoh : Rute Desvita

Step 4: Tentukan nama rute harian yang telah Anda daftarkan sebelumnya dari hari Senin sampai dengan Minggu (tergantung kebijakan perusahaan).

Step 5: Setelah Selesai, klik Save.

Setelah menambahkan daftar rute mingguan step selanjutnya adalah memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Pilih Rute Minggu 3.

Step 2: Pilih Rute Mingguan pada nama pegawai.

Step 3: Akan muncul halaman Sync Master Data. Kemudian klik tombol OK.

Lakukan Sync stock and master data pada SFA Pegawai untuk mendapatkan perubahan rute terbaru.

Dari gambar di atas, rute yang digunakan oleh Desvita Sari adalah rute dengan 3 minggu sekali pengulangan. Di minggu ketiga, Desvita terdapat 5 hari kunjungan yaitu, Senin Desvita, Selasa Desvita, Rabu Desvita, Kamis Desvita, Jumat Desvita.

Tanda titik hijau di kolom Minggu 1, Minggu 2, dan Minggu 3 menandakan rute tersebut yang sedang aktif digunakan saat ini dan akan berulang setiap 3 minggu sekali.

Rute 4 Minggu Sekali

Jika Anda memiliki rute 4 minggu sekali, Anda dapat membuat hal yang sama seperti diatas namun dengan beberapa penambahan.

Berikut yang harus dilakukan untuk menambahkan rute 4 minggu sekali.

  1. Menambahkan rute harian baru.

  2. Menambahkan daftar rute mingguan.

  3. Memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Anda dapat menambahkan rencana rute pada bagian Perancang Rute. Ketikkan nama Rute harian pada kolom Tambah Route Plan Baru kemudian klik tanda +.

Case: Anda memiliki salesman bernama Desvita yang akan bekerja melakukan kunjungan selama 1 minggu mulai dari Senin - Jumat namun dibedakan setiap minggu hingga 4 minggu.

Sehingga Anda dapat mengetahui minggu berjalan pada hari ini termasuk minggu urutan ke 4 atau tidak.

Step 2: Mulai isi rute harian hari Senin untuk Desvita pada kolom Tambah Route Plan Baru lalu pilih tanda +.

Step 3: Akan muncul popup Data saved succesfully bahwa rute harian tersimpan.

Step 4: Masukkan nama pelanggan ke dalam rute harian "Senin Desvita" dengan cara cari nama pelanggan pada kolom Daftar Pelanggan kemudian pilih + pada nama pelanggan sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.

Lakukan hal yg sama untuk pelanggan lainnya.

Step 5: Ulangi hal yang sama ke Step 2 untuk rute hari berikutnya seperti Selasa Desvita, dst.

Jika urutan rute belum sesuai, Anda dapat menggeser urutan pelanggan pada Daftar Route.

Setelah menambahkan rute harian baru maka step selanjutnya adalah menambahkan daftar rute mingguan.

Step 1: Anda dapat menambahkan Rute Harian yang telah ditambah sebelumnya di Perancang Rute ke dalam rute satu minggu dengan pilih Daftar Rute Mingguan.

Step 2: Buat nama rute mingguan yang Anda inginkan, pada kolom Mohon Masukkan Nama Rute Mingguan Baru kemudian klik tombol +.

Step 4: Tentukan nama rute harian yang telah Anda daftarkan sebelumnya dari hari Senin sampai dengan Minggu (tergantung kebijakan perusahaan).

Step 5: Klik Save pada bagian bawah.

Setelah menambahkan daftar rute mingguan step selanjutnya adalah memilih rute mingguan pegawai.

Step 1: Pilih Rute Minggu 4.

Step 2: Pilih Rute Mingguan pada nama pegawai.

Step 3: Akan muncul halaman Sync Master Data. Kemudian klik tombol OK.

Lakukan Sync stock and master data pada SFA Pegawai untuk mendapatkan perubahan rute terbaru.

Dari gambar di atas, rute yang digunakan oleh Desvita Sari adalah rute dengan 4 minggu sekali pengulangan. Di minggu ke empat, Desvita mempunyai 5 hari kunjungan yaitu, Senin Desvita, Selasa Desvita, Rabu Desvita, Kamis Desvita, Jumat Desvita.

Tanda titik hijau di kolom Minggu 1, Minggu 2, Minggu 3 dan Minggu 4 menandakan rute tersebut yang sedang aktif digunakan saat ini dan akan berulang setiap 4 minggu sekali.

Rute All Customer

Rute All Customer adalah rute yang digunakan oleh salesman jika tidak memiliki rancangan rute khusus secara harian. Dalam hal ini, seluruh customer yang terdaftar pada sistem akan diberikan ke salesman yang menggunakan Rute All Customer agar dapat melakukan kunjungan ke seluruh customer tanpa harus disetting terlebih dahulu secara harian oleh admin. Rute ini cukup dibuat sekali saat pertama kali selama rute ini digunakan.

Berikut yang harus dilakukan untuk menambahkan rute all (rute semua customer):

  1. Menambahkan daftar rute mingguan.

  2. Memilih rute mingguan pegawai.

Step 1. Pilih Lihat Daftar Rute Mingguan

Step 2. Ketik nama Rute All Customer pada kolom "Mohon masukkan Nama Rute Mingguan Baru.

Step 3. Pilih Tambah.

Step 5. Pilih hanya 1 nama hari yang akan dimasukkan rute All Customer. Contoh: Senin. Kemudian, pilih All Route. "All Route adalah kumpulan seluruh customer yang secara otomatis terdaftar ke rute tanpa harus ditambah oleh admin."

Step 6. Lalu Simpan.

Step 1: Pilih Minggu 1.

Step 2: Pilih Rute Mingguan "Rute All Customer" pada nama pegawai yang diinginkan. Contoh : Minggu 1 - Anggi - Rute All Customer.

Step 3: Akan muncul halaman Sync Master Data. Kemudian klik tombol OK.

Lakukan Sync stock and master data pada SFA Pegawai untuk mendapatkan perubahan rute terbaru.

FYI:

  • Jika Anda tidak mengisi rute pada minggu 1 namun hanya mengisi rute pada minggu 2, maka di aplikasi SFA rute yang terbaca adalah rute dengan pengulangan 2 minggu. Namun, rute minggu 1 adalah kosong.

  • Jika Anda tidak mengisi rute minggu 1 dan minggu 2 namun hanya mengisi rute pada minggu 3, maka di aplikasi SFA rute yang terbaca adalah rute dengan pengulangan 3 minggu. Namun, rute minggu 1 dan minggu 2 adalah kosong.

  • Jika Anda tidak mengisi rute minggu 1, minggu 2 dan minggu 3 namun hanya mengisi rute pada minggu 4, maka di aplikasi SFA rute yang terbaca adalah rute dengan pengulangan 4 minggu. Namun, rute minggu 1, minggu 2 dan minggu 3 adalah kosong.

  • Sebaliknya, jika Anda hanya mengisi rute pada minggu 1, namun tidak mengisi rute pada minggu 2, 3 dan 4 maka, di aplikasi SFA rute yang digunakan adalah hanya 1 minggu pengulangan.

  • Jika Anda mengisi rute pada minggu 1 dan 2, namun tidak mengisi rute pada minggu 3 dan 4 maka, di aplikasi SFA rute yang digunakan adalah 2 minggu pengulangan.

  • Jika Anda mengisi rute pada minggu 1, 2 dan 3 namun tidak mengisi rute pada minggu 4 maka, di aplikasi SFA rute yang digunakan adalah 3 minggu pengulangan.

  • Jika Anda mengisi rute pada minggu 1, 2, 3, dan 4 maka, di aplikasi SFA rute yang digunakan adalah 4 minggu pengulangan.

Oleh karena itu, pastikan pengisian rute sesuai dengan pola pengulangan rute mingguan yang Anda gunakan.

Selamat mencoba, Kawan Simpli :)

Step 3: Pilih tanda atau edit pada nama rute.

Step 3: Pilih tanda atau edit pada nama rute.

Step 3: Pilih tanda untuk edit pada nama rute.

Dalam menentukan bagaimana susunan rute 4 minggu, Anda harus mengetahui kapan dimulai minggu pertama pada 1 tahun penuh. Contoh : Pada tahun 2023, minggu pertama dimulai pada tanggal 2-8 Januari 2023. Sourced by :

Step 3: Pilih tanda atau edit pada nama rute.

Step 4. Pilih Ubah pada icon pen Rute All Customer.

💻

Rute 1 Minggu Sekali

Rute 2 Minggu Sekali

Rute 3 Minggu Sekali

Rute 4 Minggu Sekali

Rute All Customer

https://www.epochconverter.com/weeks/2023