Memahami Retur Pesanan

Menu Retur Pesanan menampilkan data terkait Retur Pesanan (Sales Order Return) yang telah dibuat oleh Salesman saat kunjungan. Anda dapat menemukan menu Retur Pesanan pada menu Beranda > Retur Pesanan pada SFA.

Pada menu ini, terdapat:

  1. Filter, Status, dan Urut Berdasarkan

  2. Daftar Retur Pesanan (Sales Order Return)

  3. Buat Retur Pesanan Baru (Sales Order Return)

  4. Detail Retur Pesanan


1. Filter, Status, dan Urut Berdasarkan

  • Filter Terdapat pilihan filter berdasarkan status (Semua, Draf, Terverifikasi, dan Selesai) dan urut berdasarkan (tanggal retur pesanan terbaru, tanggal retur pesanan terlama, total retur pesanan tertinggi, dan total retur pesanan terendah).

  • Status Filter ini digunakan untuk melakukan sorting daftar retur pesanan yang ditampilkan berdasarkan status semua, draf, terverifikasi, dan selesai.

NOTE:

  • Semua : menampilkan semua retur pesanan.

  • Draf : menampilkan hanya retur pesanan yang belum diverifikasi.

  • Terverfikasi : menampilkan hanya retur pesanan yang telah diverifikasi.

  • Selesai: menampilkan hanya retur pesanan yang telah selesai diproses.

  • Urut Berdasarkan Filter ini digunakan untuk melakukan sorting daftar retur pesanan yang ditampilkan berdasarkan tanggal retur pesanan terbaru, tanggal retur pesanan terlama, total retur pesanan tertinggi, dan total retur pesanan terendah.

2. Daftar Retur Pesanan (Sales Order Return/OR/SR)

Daftar retur pesanan ini akan menampilkan OR/SR yang telah dibuat oleh salesman dari 7 hari sebelumnya hingga hari ini.

Note:

  • Prefix (Awalan) nomor pesanan

    • ORD- : Retur pesanan belum terkirim ke backoffice SMH, diperlukan untuk melakukan sinkron transaksi & master data.

    • OR/SR- : Pesanan telah terkirim ke backoffice SMH.

Contoh :

OR- -> Faktur telah terkirim ke backoffice SMH 25 -> Tahun 2025 04 -> Bulan April 00002-> Nomor urut retur pesanan

  • Tanda centang pada nama pelanggan menandakan status pelanggan aktif.

  • Tanda silang pada nama pelanggan menandakan status pelanggan unverified.

3. Buat Retur Pesanan

Selanjutnya cara penginputan sama seperti cara membuat retur pesanan di sini.

4. Detail Retur Pesanan

  • Detail Retur Pesanan Draf

Terdapat data berikut pada detail retur pesanan:

Note:

  • Button Print

  • *Button Ubah

  • Nomor retur pesanan

  • Nama, kode pelanggan. Klik > untuk detail pelanggan.

  • Alamat : Alamat toko pelanggan

  • Tanggal Retur Pesanan : Tanggal retur dibuat.

  • Alasan : Alasan retur dibuat.

  • Nomor pesanan penjualan : Nomor referensi pesanan penjualan terkait retur.

  • Item retur pesanan : produk yang dikembalikan pelanggan.

  • Total : Total retur pesanan.

Last updated

Was this helpful?